Dunia Games

[OPINI] Teori Boruto: Apakah Sebenarnya Kakashi Pernah Menciptakan 'Rasengan Menghilang' Juga?

Boruto Episode 65 mengungkapkan Rasengan Menghilang atau Kieru Rasengan tercipta dari Elemen Listrik! Apa itu berarti Kakashi pernah membuatnya juga?

Rasengan Menghilang, atau bahasa Jepangnya adalah Kieru Rasengan, merupakan Rasengan jenis baru yang diciptakan oleh Boruto secara tidak sadar. Pertama kali terlihat di film Boruto: Naruto the Movie, cara kerja Kieru Rasengan baru tergambar dengan lebih jelas di Boruto Episode 65.

Pada episode itu, Sasuke menjelaskan ke Naruto dan Boruto kalau sebuah Rasengan mini yang dilempar Boruto mampu menghilang di tengah jalan dan muncul lagi sesaat sebelum menabrak benda lain karena dia mencampurkan Rasengan dengan Elemen Listrik.

Nah, siapakah ninja pengguna Elemen Listrik lain yang juga pernah mencoba mempelajari Rasengan? Pasti kamu tahu dong jawabannya? Mari coba kita bahas bersama sebuah Teori Boruto terbaru dari pertanyaan ini!

Membandingkan Lagi Boruto The Movie dan Episode 65

Masashi Kishimoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Seperti yang sudah dibilang tadi, Rasengan Menghilang ternyata merupakan variasi Rasengan yang tercipta dari Elemen Listrik. Akan tetapi sebelum pernyataan gamblang di Boruto Episode 65 itu, semua orang menduga teknik itu merupakan variasi lain yang juga terbuat dari Elemen Angin seperti halnya Rasenshuriken. Kenapa begitu?

Jawabannya sederhana saja: satu, tidak terlihat tanda-tanda fisik kalau Rasengan-nya diselimuti Elemen Listrik seperti percikan; dua, Rasengan-nya bisa dilempar seperti Rasenshuriken; dan tiga, secara gamblang versi novelisasi Boruto: Naruto the Movie menyebutkan teknik ini merupakan pengaplikasian dari Elemen Angin.

Masashi Kishimoto/Ukyo Kodachi/Shueisha/Studio Pierrot

Dalam film Boruto: Naruto the Movie, Boruto sendiri tidak terlihat menguasai Elemen Listrik. Berbeda dengan versi anime-nya (Boruto Episode 57) dia terus mengandalkan Kote saat menyetrum Trio Kembar Senka Kirigakure di Ujian Chuunin. Akhirnya orang-orang langsung berasumsi kalau Boruto cuma menguasai Elemen Angin seperti halnya Naruto, sang ayah.

Setelah pernyataan ini maka jelas wujud Rasengan akan berubah-ubah tergantung elemen chakra yang dimasukkan dan kemungkinan besar elemen chakra yang sama tidak dapat menghasilkan variasi yang berbeda. Elemen Angin menjadi Rasenshuriken sementara Elemen Listrik menjadi Kieru Rasengan. Entah bakal jadi apalagi jika ditambah elemen lain.

Baca Juga: >> Teori Boruto: Mungkinkah Shinki, Anak Angkat Gaara, Sebenarnya Keturunan Kazekage Ke-3?

Kegagalan Kakashi Menguasai Rasengan = Keberhasilan Boruto?

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Kembali lagi ke pertanyaan awal. Siapa pengguna Elemen Listrik yang mempelajari Rasengan selain Boruto? Tentu tidak lain dan tidak bukan adalah Kakashi!

Di Naruto Shippuden Episode 75, Kakashi menunjukkan pada Naruto kalau dia pernah mempelajari Rasengan juga. Tapi Kakashi akhirnya mengembangkan Chidori atau Raikiri karena gagal menerapkan Elemen Listrik pada teknik buatan gurunya tersebut. Tidak jelas 'kegagalan' apa yang dialami oleh Kakashi, tapi dari kejadian di cerita Boruto, kini kita bisa berasumsi.

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Ketika ingin menjadi murid Sasuke, Boruto mengira Rasengan buatannya gagal karena terlalu kecil. Mungkin Kakashi mengalami hal serupa; menganggap Rasengan Elemen Listriknya 'gagal' karena ukurannya yang jauh lebih kecil daripada Rasengan buatan Minato dan tiba-tiba malah menghilang. Sejak saat itu semua orang (termasuk penonton alias kita-kita) menduga Rasengan Elemen Listrik adalah suatu kemustahilan.

Untungnya pada kasus Boruto ada Sasuke yang berdiam diri dan melihat keadaan di sekitar sebelum memutuskan gagal-atau-berhasil. Dia melihat Rasengan yang dilempar Boruto ternyata tetap berhasil mengenai pohon meski sempat lenyap di udara; terciptalah jutsu baru yang disebut sebagai Rasengan Menghilang atau Kieru Rasengan!

Baca Juga: >> Teori Boruto: Tersibak! Berikut Tiga Hal yang Sudah Diketahui Soal Segel Karma Boruto Sejauh Ini

Sudah punya Rasengan Menghilang, Boruto tidak butuh Chidori lagi? Lanjut ke pembahasan halaman kedua dan terakhir!

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}