Tips & Tricks

Spek Tanggung Tapi Maksa Nge-game? Ini Lima Tips Main Game AAA Buat Komputer Berspesifikasi Rendah

Pengen main game AAA tapi PC-mu serba berkecukupan? Jangan khawatir, dengan sedikit perubahan, maka kamu akan bisa nge-game dengan nyaman!

Tidak dipungkiri lagi game AAA dewasa ini selalu memanjakan para gamer dengan grafis yang istilahnya eyegasm atau indah dipandang mata; dipenuhi gerakan animasi yang luwes, framerate tinggi, dan kebebasan dalam menjelajah dunianya. Untuk menikmati hal-hal tersebut dengan lancar, tentu diperlukan komputer spesifikasi tinggi. Namun rasa-rasanya banyak dari kamu yang hanya memiliki komputer berspesifikasi seadanya sehingga membatasi game AAA mana saja yang dapat dimainkan.

Nggak perlu bersedih. Karena itu, kali ini kita akan membagikan sedikit tips dan trik untuk mengatasi game AAA berat yang sebelumnya 'tidak layak dimainkan' menjadi 'bisa dimainkan' pada komputer kamu.

5. Gunakan Resolusi Layar Rendah

techgyd.com

Ya, resolusi layar merupakan pengaturan grafis yang paling menguras resource komputer gaming. Resolusi layar adalah jumlah pixel pada setiap dimensi layar, diukur berdasarkan lebar dan tinggi. Contohnya 1024 x 768 berarti lebar 1024 pixel dan tinggi 768 pixel.

Dalam pengaturan game AAA resolusi layar biasanya ada dalam beberapa mode: yaitu 480p, 720p, 1080p, 2K dan 4K. Semakin tinggi resolusinya, jelas semakin tinggi pula resource yang digunakan. Demi meringankan beban yang dijalankan komputermu sebaiknya ubah resolusi layar menjadi paling kecil dan menyebabkan frame per second (FPS) menjadi tinggi.

4. Matikan V-Sync

tweakguides.com

Kegunaan V-Sync akan terlihat saat kamu menggerakan kamera secara cepat. V-Sync mencegah terjadinya layar terlihat 'patah' atau screen tearing. Akan tetapi jika kamu mematikan V-Sync, FPS yang dihasilkan justru akan menjadi lebih tinggi.

3. Matikan Anti-Aliasing

rizkibagjam.blogspot.com

Perubahan grafis yang paling terlihat saat mengatur anti-aliasing adalah pinggiran objek-objek dalam game; baik itu karaktermu maupun orang dan benda lainnya.

Jika Anti-Aliasing dinyalakan, sudut-sudut objek akan terlihat mulus. Sebaliknya, jika Anti-Aliasing mati, sudut objek akan terlihat kotak-kotak tajam. Meski terlihat lebih cantik, pemakaian Anti-Aliasing lumayan memakan resource komputer jadi kalau dimatikan, komputer akan mampu memainkan game AAA lebih lancar.

Baca Juga >> Siap-Siap Terpukau! Inilah 15 Video Game Keren Paling Ditunggu dalam Acara E3 2018!

Halaman : 1 2

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500
Gemscool
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}