Dunia Games

[FEATURE] KAMUS GAMER: Hero Meta? Strategi Meta? Apa sih arti Meta di dalam Game?

Apa sih arti meta di dalam game? Mari kita bahas dalam seri kamus gamer dalam duniagames.co.id!

Dalam dunia competitive gaming kamu mungkin sering mendengar kata ‘META’. Kata-kata ini seringkali digunakan terutama di dalam game MOBA. Biasanya orang menggunakan kata ini ketika mereka akan memilih hero, lalu bertanya “hero apa sih yang lagi meta sekarang?”. Melihat kalimat tersebut kita jadi berpikir meta mungkin maksudnya hero yang sedang populer, tapi apa benar?

Apa Itu Meta?

Sumber: reddit.com/r/arenaofvalor

Untuk memahami apa itu arti meta sendiri, mungkin akan lebih baik jika kita memahami asal muasal kata tersebut terlebih dahulu. Kata meta sendiri sebenarnya bisa berarti banyak arti, kalau mengutip wikipedia kata Meta berasal dari kata bahasa Yunani. Arti kata Meta menurut wikipedia sendiri adalah.

Sebuah kata awalan yang artinya ‘setelah’ atau ‘melebihi’. Bisa juga untuk menjelaskan suatu hal abstrak yang melebihi suatu hal lainnya.

Hal ini berarti ketika ada tambahan kata meta di depan sesuatu hal, maka hal tersebut melebihi dari hal yang ditambahkan kata meta. Contoh: meta-fisika yang artinya adalah sesuatu hal yang melebihi dari hal fisika.

Lalu bagaimana dengan metagame? Bisa dibilang metagame sesuatu hal yang melebihi dari game. Kalau mengutip dari wikipedia lagi metagame atau metagaming diartikan sebagai:

Segala strategi, aksi, atau metode yang digunakan dalam game yang mana strategi aksi atau metode tersebut melampaui dari peraturan yang ada, menggunakan faktor eksternal, atau melampaui batas keadaan sekitar.

Gimana bingung? Penulis juga bingung! Intinya sih kurang lebih maksud metagame yang disebut di atas adalah mungkin penggunaan strategi dalam game yang di luar dari permainan pada umumnya.

Salah Kaprah Arti Meta?

Sumber: Youtube @HattonGames
 

Lalu apakah benar Meta yang kita bahas panjang lebar di atas adalah kata meta yang sama yang selama ini sering kita gunakan di dalam game? Bisa jadi bukan, karena kata meta tersebut bisa dibilang sudah terlalu kuno, dan juga terasa nggak nyambung dengan kata meta yang biasa kita gunakan.

Istilah metagame menurut wikipedia mungkin masih masuk akal digunakan, yang jadi alasan kenapa strategi pemain esports sering disebut meta karena strategi yang mereka gunakan biasanya di luar dari strategi pada umumnya.

Tetapi ternyata ada istilah meta lainnya yang bisa dibilang lebih nyambung dengan kata meta yang biasa kita gunakan sehari-hari di dalam game. Situs urbandictionary.com yang biasa mengartikan kata-kata gaul, mengartikan kata meta sebagai singkatan.

META diartikan sebagai Most Effective Tactic Available, atau Taktik Paling Efektif Yang Bisa Digunakan. -Ditambahkan oleh pengguna bernama ChelseaStaub pada 15 November 2015.

META biasanya dihubungkan dengan taktik di dalam game. Kalau pemain Dota kompetitif mungkin biasa ngobrol dan bilang

“Sekarang split push emang lagi META banget cuy, menang terus gue pake strategi itu”.

Tetapi META juga bisa dihubungkan dengan hero atau pun item, contoh obrolannya seperti

“Wah gokil ini DK emang lagi META banget sih, gue main 10 kali menang 8 kali pake hero ini!”

Atau “Cuy! Pake Aeon Disk deh, lagi META itu itemnya! Biar keras”

Jadi Apa Arti Meta sebenarnya?

Sumber: HubertKeith
 

Akhirnya kita sampai kepada pertanyaan lainnya! (jadi makin pusing kan, kebanyakan pertanyaannya!) Jadi sebenarnya apa arti kata meta yang biasa digunakan gamers sehari-hari? Apakah arti kata meta yang mengacu ke kata bahasa Yunani? Atau terjemahan urbandictionary yang ternyata META adalah singkatan?

Penulis sendiri sepakat bahwa meta yang selama ini kita gunakan adalah META yang merupakan singkatan. Sebab jika disambungkan dengan yang biasa kita bahas sehari-hari, seperti hero meta, strategi meta, atau item meta, semuanya berarti satu hal; yang paling efektif, yang punya kemungkinan menang paling besar. Maka kita bisa sepakat bahwa kata META yang sering kita gunakan adalah META yang merupakan singkatan dari Most Effective Tactics Available.

Baca Juga >> PEMAIN MOBA WAJIB TAHU! Lima Istilah Penting MOBA Ini Sering Digunakan Dalam Permainan!

Akhirnya terjawab sudah apa arti kata META yang biasa kita gunakan di dalam permainan ya! Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai pembahasan seputar gaming ya!

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games



Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}