Dunia Games

Waduh, Fortnite Android Ogah Rilis di Google Play Store Karena Takut Rugi?

Fortnite Android dipastikan tak akan rilis lewat Google Play Store! Sepertinya pengguna Android harus lebih bersabar menunggu perilisan Fortnite nih!

Pengguna Android sepertinya masih harus bersabar untuk menunggu perilisan Fortnite Android. Pasalnya, game besutan Epic Games tersebut telah mengeluarkan penyataan bahwa mereka tidak akan menghadirkan game-nya lewat Google Play Store!

Pernyataan Epic Games perihal Fortnite Android tersebut dilontarkan langsung oleh CEO Epic Games, Tim Sweeney. Ia dengan lantang menyatakan kalau tidak akan memuat Fortnite Android di Google Play Store, dan bahkan meminta para gamer untuk mengunduh game ini melalui halaman situs yang dikembangkan oleh Epic sendiri.

Hal tersebut sengaja dilakukan oleh Epic Games terkait isu pendapatan alias finansial. Seperti halnya Apple, Google akan mengambil potongan sebesar 30 persen dari setiap transaksi yang terjadi di toko aplikasinya tersebut.

dontfeedthegamers.com

Sebagai imbalan biaya pemotongan tadi, Google akan menyediakan kepada para pengembang aplikasi sebuah platform untuk mendistribusikan game yang mereka kembangkan; mulai dari server, promosi, kemampuan akses yang lebih mudah, dan tentunya layanan pelanggan.

Namun, Sweeney berpikir potongan sebesar 30 persen tersebut dianggap tidak proposional. Sebab sisanya, yakni 70 persen yang diterima dianggap tidak bisa menutupi biaya pengembangan serta pengoperasian yang dijalankan selama ini. Artinya, Epic Games memang ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya!

Nah oleh sebab itu, Epic Games akan meninggalkan Google Play Store dan mendistribusikan Fortnite Android melalui website-nya sendiri sehingga Epic dapat membawa pulang semua pembayaran yang dilakukan oleh gamer, khususnya pengguna Android yang notabene jumlahnya sangat banyak dibandingkan dengan gamer konsol atau PC.

Berbeda dengan kasus Fortnite Android ini, pada platform lainnya Epic justru berani memuat game Battle Royale tersebut ke platform mitra; di antaranya dengan Apple di App Store begitu juga pada platform Sony PlayStation, Microsoft Xbox, dan Nintendo Switch.

Tentu dengan menggandeng kemitraan tersebut, Epic harus rela menerima potongan yang besarannya ditentukan oleh masing-masing penyedia layanan. Walau begitu, Epic justru tetap menerima keuntungan yang sangat besar. Hanya dalam kurun waktu tiga minggu di App Store, Fortnite bahkan mampu meraup uang sebesar US$15 juta atau sekitar Rp217 milyar!

[img id="imgid" caption="dexerto.com"]

Baca Juga >> Fortnite Android Dikabarkan Bakal Rilis Lebih Cepat di Samsung Galaxy Note 9?!

Apa yang dilakukan oleh Epic Games ini bukan berarti mereka ingin menghasilkan lebih banyak keuntungan sehingga pundi-pundi keuntungannya terus bertambah. Namun apa yang dilakukannya adalah bagian dari hak prerogatif mereka selaku pengembang game Fortnite.

Selain itu, baik Google maupun Apple juga bukan termasuk perusahaan yang memeras mitranya dengan memberikan potongan 30 persen. Pasalnya, kedua toko aplikasi tersebut juga membutuhkan pemeliharaan sehingga terus menawarkan layanan yang lebih baik.

Nah, pertanyaannya apakah strategi Fortnite yang ogah untuk muncul lewat Google Play Store ini akan berhasil? Kita lihat saja ke depannya nanti! Jangan lupa ikuti terus DuniaGames.co.id untuk informasi menarik lainnya ya!

Sumber gambar utama: dontfeedthegamers.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}