Just For Fun

Ketika Makanan Indonesia Ditampilkan dalam Anime dan Manga, Disukai Warga Jepang Juga?

Ternyata makanan Indonesia suka muncul juga di berbagai cerita anime dan manga Jepang! Makanan Indonesia apa saja yang paling sering tampil?

Sebagai animasi dan komik buatan Jepang, tentunya anime dan manga sering menyentuh aspek kehidupan sehari-hari masyarakat Negeri Sakura; tidak terkecuali soal makanan. Nah, ternyata mereka tidak hanya selalu memasukkan masakan-masakan Jepang saja ke dalam anime tapi juga sejumlah makanan Indonesia yang pastinya sudah tidak asing di telinga maupun matamu!

Apa saja makanan Indonesia yang sering muncul di anime dan manga? Mari kita simak daftarnya.

4. Mi Instan

Sahee Sakato/Tori Tabii/Tokuma Shoten

Mi instan, makanan sejuta umat, pernah dibahas dalam manga berjudul Meshibana Keiji Tachibana karangan Sahee Sakato dan Tori Tabii; menceritakan petualangan polisi bernama Tachibana yang gemar makan sekaligus membicarakan apapun soal makanan. Karena hobi anehnya itu dia malah jadi mudah melakukan investigasi karena orang-orang suka mengobrol dengannya.

Dengan cukup detail tapi tetap ringkas Tachibana menceritakan perbedaan antara mi goreng instan Jepang dan Indonesia serta bagaimana popularitas makanan cepat saji ini telah mengalahkan produk-produk buatan Korea Selatan maupun Jepang sendiri di seluruh dunia.

3. Nasi Goreng

Keitarou Takahashi/Shogakukan/White Fox

Memiliki akar dari masakan Tiongkok, bisa dibilang sajian nasi ini merupakan nama makanan Indonesia yang paling terkenal. Mungkin karena memang resep dan pelafalannya yang sederhana. Rasa-rasanya sulit menyebutkan satu per satu anime apa saja yang pernah menampilkan atau menyebutkan nasi goreng tapi di antaranya adalah: Jormungand, A Certain Magical Index, dan lain-lain.

Bahkan dalam serial Mahou Negi Magi, ada seorang penyihir yang bisa menembakan sihir api dengan bagian awal mantranya "Mera Lega Mera Sad Nasi Goreng"!

Ken Akamatsu/Kodansha

2. Sate

Keitarou Takahashi/Shogakukan/White Fox

Kerap disebut sebagai 'satay' oleh orang asing, makanan berupa daging tusuk ini juga tidak kalah populer; kemungkinan karena tiap-tiap negara mempunyai makanan serupa versinya sendiri, sebut saja yakitori, shish kebab, dan sebagainya.

Di anime Jormungand terlihat sate disajikan bersama mi kari yang lebih identik dengan masakan Malaysia atau Singapura.

1. Tempe

Yuto Tsukuda/Shun Saeki/Shueisha/J.C.Staff

Anime Shokugeki no Souma sempat menyajikan masakan berbahan tempe, yakni ramen spesial buatan ayah Souma, Joichiro Yukihira.

Disebut/ditulis sebagai 'tempeh' dalam bahasa Inggris, makanan Indonesia ini popularitasnya memang kian menjamur di negara-negara luar sebagai salah satu bahan makanan vegetarian karena terbuat dari kedelai tapi bisa diolah menjadi berbagai rasa layaknya tahu. Tidak aneh deh rasanya kalau anime kuliner macam Shokugeki no Souma ikut membahasnya.

Sejauh ini itulah empat makanan Indonesia yang pernah disorot dengan jelas atau dibahas dalam anime. Padahal katanya rendang digadang-gadang jadi makanan Indonesia nomor satu pilihan orang-orang seluruh dunia, tapi kenapa nggak masuk ya?

Baca Juga: >> Ternyata Ini 5 Makanan Favorit Para Gamer di Warnet!


FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games