Dunia Games

[FEATURE] Jadi YouTuber Game atau eSports Player, Mana yang Lebih Bikin TAJIR?

Enaknya zaman sekarang, kamu bisa kerja dengan cuma main game saja seharian! Pertanyaannya, mending jadi YouTuber game atau eSports player ya?

Dahulu sebagian dari kita mungkin merasa menjadi gamer justru malah memberi citra buruk. Tetapi beda dengan zaman sekarang, ketika banyak orang yang semakin ingin menjadi gamer dan berkarir sebagai profesional. eSports bisa dibilang punya peran dalam membentuk pandangan ini, sebab budaya kompetisi dalam eSports dianggap menjadi salah satu unsur positif dari bermain game. Tetapi menjadi eSports player bukan suatu hal yang mudah karena butuh disiplin tinggi juga tekad yang kuat untuk menjadi yang terbaik. Maka dari itu ada beberapa gamer yang merasa menjadi YouTuber bisa jadi pilihan profesi gamer profesional lain; yang kadang dianggap sebagai kerja mudah karena cuma main game tapi bisa dapat uang.

Namun hal ini memunculkan pertanyaan lain, antara dua profesi ini; YouTuber game atau eSports player; mana yang bikin lebih tajir? Juga seberapa besar usaha yang dibutuhkan untuk bisa tajir dari dua pilihan pekerjaan pro gamer ini?

Pendapatan YouTuber Game Mencapai Rp1 MILIAR per Bulan?

Sumber: loop.co.id

Cara termudah untuk mengira-ngira pemasukan seorang YouTuber game adalah dengan menggunakan salah satu laman analisis data media sosial bernama socialblade.com. Sebelum menuju ke usaha yang dibutuhkan, mari kita lihat berapa pemasukan seorang YouTuber game?

Sumber: socialblade.com

Sebagai gambaran mari kita lihat pemasukan YouTuber game Indonesia tersukses yang menyambi sebagai eSports player tim EVOS, JessNoLimit. Pemasukan JessNoLimit jika mengutip dari situs socialblade ternyata bisa mencapai sekitar US$79,5 ribu atau sekitar Rp1,1 MILIAR PER BULAN! Angka yang fantastis bukan?

Tetapi angka tersebut adalah pendapatan maksimal yang diprediksi oleh socialblade.com. Perkiraan pendapatan minimum per bulan dari JessNoLimit sendiri adalah US$5 ribu atau sekitar Rp72 Juta 'saja'.

Lalu bagaimana dengan pundi-pundi uang yang dihasilkan atlit eSports? Yuk lanjut ke halaman dua!

Baca Juga >> Penting, 7 Hal yang Wajib Kamu Miliki Untuk Jadi Youtuber Game Terkenal