Anime

Tujuh Ninja Naruto yang Kehilangan Kekuatan Setelah Perang Dunia Shinobi Keempat

Perang Dunia Shinobi Keempat tidak hanya merenggut nyawa para pasukan Aliansi, tapi juga kekuatan dari 7 tokoh ninja terkenal ini, loh!

Perang Dunia Shinobi Keempat yang terjadi di akhir cerita Naruto Shippuden memang berjalan singkat -- hanya sekitar tiga hari saja -- namun kehancuran yang ditimbulkan tetap dahsyat. Selain mengakibatkan tewasnya lebih dari 40.000 ninja, perang ini ternyata juga merenggut kekuatan dari para pahlawannya!

7. Might Guy - Kehilangan Kemampuan Berjalan dengan Dua Kaki

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Setelah menggempur Madara habis-habisan dengan Pembukaan Delapan Gerbang dan Night Guy, ahli taijutsu terkuat ini kemudian nyaris mengorbankan nyawanya. Tapi untung Naruto segera datang dan berhasil menyembuhkan tubuhnya dengan kekuatan Rikudo Sennin sebelum Guy tewas; walau begitu tulang kakinya tetap hancur dan dia diberitahu tidak bisa lagi melanjutkan karir sebagai ninja.

Terbilang aneh rasanya Naruto bisa menghidupkan Guy yang nyaris musnah menjadi abu tapi tidak bisa memperbaiki tulang kakinya, tapi yah, mau bagaimana lagi namanya juga komik.

6. Kakashi Hatake - Kehilangan Sharingan

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Mata Mangekyo Sharingan milik Kakashi diambil oleh Madara agar dia bisa mengejar Obito yang melarikan diri ke dimensi Kamui, namun seperti halnya Guy, berkat kekuatan Rikudo Sennin dari Naruto matanya yang hilang bisa dikembalikan lagi; meski menjadi mata biasa saja.

Chakra/jiwa Obito sempat memberikan kekuatan Sharingan pada kedua mata ninja bertopeng itu pada pertempuran terakhir melawan Kaguya. Tapi setelah pertarungan usai kekuatan Sharingan Kakashi pun hilang untuk selamanya.

5. Naruto Uzumaki - Kehilangan Gudodama

Masashi Kishimoto/Shueisha/Studio Pierrot

Setelah mati suri dan mendapatkan chakra Rikudo Sennin, Naruto sempat mempunyai kemampuan untuk menciptakan tujuh buah Gudodama di punggungnya yang dapat dia ubah menjadi alat bantu bertempur melawan Kaguya. Dan seperti yang terlihat di serial Boruto, tampaknya Naruto sudah tidak bisa membuat Gudodama lagi setelah Perang Dunia Shinobi Keempat berakhir.

Baca Juga: >> 7 Ninja Bertopeng Terkuat dengan Kemampuan Paling Mengerikan di Naruto