Just For Fun

Waduh, Seluruh ROM dan ISO Game Retro dari Situs EmuParadise Hilang Dihapus?

Mendadak salah satu pusat ROM dan ISO game-game lawas EmuParadise menghapus semua datanya! Apakah yang sesungguhnya terjadi?

Sudah hampir 20 tahun situs EmuParadise menjadi surganya para pecinta emulator dan game-game lawas. EmuParadise memiliki sangat banyak ROM dan ISO dari berbagai konsol retro seperti, Atari, NES, GameBoy Advance, dan Nintendo DS, hingga konsol jaman sekarang seperti, Nintendo Wii, PSP, dan PS2.

Tapi saat ini semuanya berubah. Dilansir dari laman situs EmuParadise sendiri, mereka menuliskan pengumuman berjudul "EmuParadise is Changing" atau "EmuParadise Berubah". Pengumuman ini berisi tentang penyebab mengapa mereka secara mendadak menghapus perpustakaan game retronya. Berikut adalah penggalan dari pengumumannya:

"… Sudah tidak layak bagi kami untuk mengambil resiko yang memiliki konsekuensi berbahaya. Saya tidak tega mengorbankan masa depan anggota tim kami yang telah berkontribusi banyak demi situs yang sudah berjalan lama ini. Kami menjalankan EmuParadise karena kecintaan kami terhadap game retro dan juga untuk kamu yang ingin bernostalgia. Sayangnya, saat ini sudah tidak mungkin bagi kami membuat semua orang bahagia sekaligus menjauhkan kami dari masalah… Kamu tidak bisa mendapatkan game kamu di sini saat ini. Kemana kami pergi tergantung dari kami dan kamu juga."

Sebelum pengumuman ini keluar, ternyata Nintendo sudah melayangkan tuntutan sebesar $ 100 juta USD (sekitar 1.440 miliar Rupiah) kepada pemilik situs web LoveROMS dan LoveRETRO; dua situs yang juga memiliki bank ROM dan ISO layaknya EmuParadise

nintendoenthusiast.com

Perlu diperhatikan bahwa di pengumuman EmuParadise mereka tidak menyertakan nama Nintendo sebagai penyebab utama penghapusan ini. Tapi memang sebelumnya EmuParadise sempat berurusan dengan perusahaan Jepang pencipta Mario tersebut yang mengakibatkan semua game milik Nintendo di EmuParadise dihapus pada Juni 2017 lalu.

Melihat dua kejadian ini, tidak heran jika kita berasumsi bahwa Nintendo mempunyai peran besar dalam masalah ini. Wajar jika EmuParadise memilih jalur ini karena mereka sebenarnya melanggar hak cipta.

Apakah dunia emulator dan game klasik akan mati karena peristiwa ini? Mungkin saja tidak. Tetapi berhubung EmuParadise adalah salah satu penyumbang game retro terbesar di dunia maya, hal ini menjadi pukulan keras bagi para pecinta game retro.

Apakah kamu adalah yang sering memainkan game lawas? Sebaiknya kamu menyimpan baik-baik koleksi game lawas kamu. Ada baik nya kamu juga mencoba dari sekarang mengoleksi game-game, mau yang lawas atau terbaru, secara legal. Demi masa depan dunia game yang lebih cerah!

Baca Juga >> Inilah 5 Emulator Konsol Jadul untuk Android yang Wajib Kamu Coba

Sumber: nintendoenthusiast.comemuparadise.me

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500
Gemscool
Mulai dari harga
Rp 13.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}