Mobile Games

BR kok 8-Bit? Rangkul Pengguna Hape Kentang, Tencent Rilis PUBG Mobile Lite!

Ingin rangkul pengguna smartphone berspesifikasi rendah, Tencent kini rilis PUBG Mobile Lite! Sama serunya, tapi lebih enteng dari PUBG Mobile biasa!

Tak bisa dipungkiri pada tahun 2018 ini genre Battle Royale alias BR memang sedang digemari oleh para gamer. Berawal dari rilisnya PUBG di tahun 2017 lalu, popularitas genre kian menguat berkat kehadiran Fortnite yang di mana saja termasuk di mobile phone. Tak mau ketinggalan, PUBG Mobile pun ikut hadir -- dan kini ada versi PUBG Mobile Lite!

Berbeda dari versi PC, PUBG Mobile dikelola oleh Tencent serta developer Lightspeed & Quantum. Meski begitu versi 'portable' ini tetap sajikan pengalaman Battle Royale bertema simulasi militer terbaik. Tapi gara-gara kualitas tersebut, tak heran jika PUBG Mobile tergolong berat untuk sebuah game mobile.

Memang PUBG mungkin masih bisa jalan di hape kentang yang hanya punya RAM 2GB dan menggunakan prosesor Snapdragon seri 4, tapi pengalaman bermain kamu tentu jadi tak nyaman. Bisa jadi ada stutter atau patah-patah, belum lagi mungkin akan ada frame drop saat HP kamu jadi panas.

Walau banyak disukai, tapi nggak bohong PUBGm terhitung berat untuk sebuah game mobile. Sumber: polygon.com

Melihat tingginya minat tinggi pemain terhadap PUBG Mobile yang datang dari berbagai kalangan, Tencent pun akhirnya merilis PUBG Mobile Lite! Informasi ini sendiri pertama kali kami dapatkan dari forum Reddit pada subforum r/PUBGMobile. Di sana user bernama vietanhbui2000 mem-posting kehadiran aplikasi PUBG Mobile Lite di dalam Google Play Store.

Menariknya ketika HP yang kamu gunakan dianggap 'terlalu bagus', maka kamu tidak akan bisa menemukan aplikasi ini. Tim redaksi DG mencoba mencari PUBG Mobile Lite dengan menggunakan dua handphone yaitu MI 6X dan Redmi Note 5, keduanya tak berhasil menemukan batang hidung PUBG Mobile Lite. Kalaupun berhasil, muncul peringatan "Your Device isn't compatible with this version".

Kalau melihat dari cuplikan gameplay yang diterbitkan kanal Youtube Free Fire TV, sepertinya PUBG Mobile Lite dan PUBG Mobile biasa adalah dua game yang berbeda. Tema dan senjatanya jelas masih sama, hanya saja map yang dimainkan berbeda, dan punya grafis '8-bit' yang mungkin membuat kamu sakit mata kalau sudah biasa dengan grafis versi biasanya.

Terlihat map yang dimainkan jadi lebih kecil, berukuran sekitar 4x4 km saja, namun masih tetap dipenuhi rumput dan berpemandangan pedesaan layaknya map Erangel. Grafis? Nggak usah ditanya, sudah pasti lebih buriq, karena tujuan PUBG Mobile Lite memang agar bisa dimainkan pada smartphone berspesifikasi lebih rendah.

Tidak ada penjelasan soal spesifikasi minimum atau yang direkomendasikan untuk memainkan PUBG Mobile Lite. Namun dari komentar di forum, mungkin spesifikasi yang direkomendasikan adalah untuk smartphone dengan RAM setidaknya 1GB dan dengan prosesor kelas bawah.

Soal crossplatform juga tidak dijelaskan; apakah akun dari PUBG Mobile Lite tersambung dengan PUBG Mobile atau tidak. Sampai saat ini para Redittor pun masih bertanya-tanya dan belum ada tanggapan resmi. Tapi buat kamu yang penasaran, bisa langsung coba mengunduhnya di bawah -- nggak perlu repot-repot nyari lagi!

>> Download PUBG Mobile Lite di Play Store

Baca Juga >> Terkejut! 5 Hal Ini Pasti Dirasakan Gamer PUBG Mobile Ketika Mencicipi Versi PC!

Ikuti terus media sosial duniagames.co.id untuk berbagai informasi terbaru seputar PUBG baik PC ataupun Mobile ya!

Sumber gambar utama: play.google.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games