Dunia Games

Beda Budaya, Beda Gambarnya! Inilah 5 Perbedaan Menonjol Komik Amerika dan Manga Jepang!

Kita lihat sekilas, komik Amerika dan Jepang sangat berbeda. Namun, apa saja sih yang biasanya berbeda di antara kedua komik tersebut?

Kita pasti pernah dong melihat komik tentang superhero Iron Man, Spider-Man, Superman, dan lainnya. Sepintas kita paham yang seperti ini nih komik Amerika. Nah, pindah Doraemon, Naruto, dan One Piece; kita langsung tahu bahwa seperti inilah gaya gambar komik Jepang alias manga.

Lalu, apa saja sih perbedaan yang sangat mencolok dari dua budaya komik ini? Walopun kita bisa lihat sekilas sangat berbeda, akan lebih mudah kalau kita coba jabarkan secara umum agar kamu menjadi lebih mengerti perbedaan di antara dua komik beda budaya ini.

5. Mata Besar - Mata Proporsional

deathbattle.wikia.com

Mata proporsional di sini maksudnya adalah gambar mata karakter yang tidak berlebihan, pas-pas saja. Komik Amerika sering sekali menggambar mata seperti ini. Kamu bisa melihatnya di komik Superman, tidak terlalu detail dan tidak berlebihan juga

Komik Jepang sangat berbeda. Karakternya cenderung memiliki mata yang lebih besar dan lebih unik. Sering terlihat di komik Jepang berjenis shoujo; komik Jepang untuk fans wanita.

4. Baca dari Kiri ke Kanan - dari Kanan ke Kiri

en.m.wikipedia.org

Komik Amerika dibaca dari kiri ke kanan, sedangkan komik Jepang membacanya dari kanan ke kiri. Cara bacanya ini sesuai dengan ketentuan di negara masing-masing.

Jika di Indonesia, cara baca komik Amerika dan Jepang sama-sama dari kiri ke kanan dikarenakan penerbit komik lokal lebih mengikuti budaya Amerika. Akhirnya cara baca semua komik diselaraskan.

3. Lebih Menceritakan Karakter - Lebih Menceritakan Emosi

naruto.wikia.com

Komik Amerika biasanya lebih menekankan cerita ke karakter. Setiap karakternya memiliki sifat dan ciri khas masing-masing, sehingga keputusan yang mereka buat lebih idealis dan masuk akal.

Karakter di komik Jepang cenderung ditekankan pada emosinya. Sering kali kita lihat saat suatu karakter menjadi sangat kuat karena keinginannya untuk melindungi, padahal sebelumnya dia memiliki karakter yang tertutup.

Baca Juga >> Begini Jadinya Kalau 5 Superhero Komik Ini Hidup di Abad Pertengahan!