Dunia Games

Sharingan, Byakugan, Rinnegan: Tiga Dojutsu Terkuat di Dunia Naruto!

Inilah tiga dojutsu (jutsu mata) terkuat di dunia Naruto: Sharingan, Byakugan, dan Rinnegan. Mari kita simak kekuatan mereka!

 

Dalam dunia Naruto ada yang namanya dojutsu -- alias jutsu mata. Beberapa dojutsu yang paling terkenal adalah Byakugan, Sharingan, dan Rinnegan, yang disebut-sebut sebagai "Tiga Dojutsu Terkuat," walaupun masih ada dojutsu-dojutsu lain dan juga turunan dari tiga tersebut yang menjadi jenis baru lagi.

Nah di artikel kali ini DuniaGames bakal membahas mengenai Tiga Dojutsu Terkuat ini dan apa saja kemampuan mereka. Yuk tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas bersama!

 

1. Byakugan

 

Byakugan adalah dojutsu yang dimiliki oleh keluarga Hyuga dan Otsutsuki, yang diturunkan dari Kaguya Otsutsuki. Pemilik dojutsu ini biasanya memiliki iris mata dan pupil berwarna putih, namun pada beberapa kasus mereka juga bisa memiliki mata biasa dan baru berubah saat diaktifkan seperti pada Himawari Uzumaki, anak perempuan Naruto dan Hinata.

Kemampuan:

  1. Byakugan memberikan pandangan 360 derajat bagi penggunanya, kecuali satu titik di belakang leher.
  2. Mata Byakugan bisa melihat menembus objek, bahkan Kaguya memiliki kemampuan untuk melihat perasaan dan pikiran orang lain.
  3. Byakugan memiliki kemampuan melihat arus chakra yang ada di tubuh orang. Dari kemampuan ini, klan Hyuga mengembangkan teknik Gentle Fist untuk mematikan chakra musuh-musuh mereka.
  4. Byakugan juga memiliki kekuatan untuk memperkuat jarak genjutsu, memungkinkan Kaguya menyebarkan efek Infinite Tsukuyomi ke seluruh dunia.

 

Untuk memperkecil kemungkinan mata Byakugan dicuri oleh musuh, keluarga Hyuga menaruhkan segel di kepala mereka yang akan mematikan Byakugan saat mereka tewas.

Daftar Pemilik Byakugan:

  • Hinata Hyuga
  • Neji Hyuga
  • Hanabi Hyuga
  • Hamura Otsutsuki
  • Kaguya Otsutsuki
  • Kinshiki Otsutsuki
  • Momoshiki Otsutsuki
  • Himawari Uzumaki

 

Baca Juga:

>> Ternyata, Inilah Jutsu Terkuat yang Akan Dimiliki Boruto!

 

2. Sharingan

 

Sharingan adalah dojutsu yang dimiliki keluarga Uchiha. Walau kekuatan aslinya berasal dari Rinne Sharingan milik Kaguya Otsutsuki, bentuk tersendiri Sharingan dimunculkan oleh Indra Otsutsuki. Sharingan baru akan aktif untuk pertama kalinya saat pemiliknya merasakan tekanan emosional yang besar. Oleh karena itu biasanya Sharingan disebut sebagai "mata yang merefleksikan [kondisi] hati."

Memiliki Sharingan akan memberikan pemiliknya dua macam kekuatan: "Mata Wawasan / Dosatsugan" dan "Mata Hipnotis / Saimingan." Kedua kekuatan itu memiliki jurusnya masing-masing.

Kemampuan Mata Wawasan:

 

  1. Pengguna Sharingan bisa melihat chakra orang lain, walau jauh lebih lemah dari Byakugan.
  2. Sharingan mampu memberikan penglihatan ekstra kuat, memungkinkannya membaca gerakan bibir bahkan sampai memperkirakan gerakan musuh.
  3. Mata Sharingan juga memberikan kemampuan bagi penggunanya untuk meniru semua jutsu yang mereka lihat, termasuk menghafal segel ninjutsu dan meniru gerakan taijutsu lawan -- selama mereka sendiri memang mampu melakukannya.

Kemampuan Mata Hipnotis:

 

  1. Sharingan mampu mengeluarkan genjutsu.
  2. Melalui kontak mata, pengguna Sharingan bisa mengontrol gerakan dan pikiran musuh. Walau semakin banyak orang yang dipengaruhi, maka efeknya akan semakin lemah.

Daftar Pemilik Sharingan:

  • Sasuke Uchiha
  • Itachi Uchiha
  • Madara Uchiha
  • Obito Uchiha
  • Hatake Kakashi
  • Danzo
  • Indra Otsutsuki

 

Baca Juga:

>> Inilah 7 Perbedaan Besar Desa Konoha di Boruto The Movie dan Naruto Shippuden!

 

3. Rinnegan

 

Rinnegan disebut-sebut sebagai mata yang paling kuat dibanding dua lainnya dalam "Tiga Dojutsu Terkuat." Dikatakan saat waktu-waktu kekacauan, pemilik Rinnegan akan turun dan menjadi "Dewa Pencipta" yang mendamaikan dunia ataupun "Sang Penghancur" yang meluluhlantakkan semuanya. Mata pemilik Rinnegan akan memiliki pola riak yang menyebar ke seluruh matanya.

Mata Rinnegan pertama kali dimanifestasikan oleh Hagoromo Otsutsuki, yang berasal dari Rinne Sharingan Kaguya. Dengan itu, dia menyelamatkan dunia dari Ekor 10 dan membentuk ninjutsu.

Biasanya Rinnegan diaktifkan dengan mendapatkan chakra Hagoromo, baik dari membuat ulang chakra tersebut; dari chakra anaknya, Indra dan Asura; atau didapat langsung dari Hagoromo sendiri. Seperti mata kiri Sasuke yang menjadi Rinnegan saat jiwa Hagoromo memberikan sebagian chakranya pada Sasuke.

Kemampuan Rinnegan:

 

  1. Pemilik Rinnegan akan mampu menguasai segala jenis ninjutsu dan 5 elemen.
  2. Membuat tongkat hitam untuk mengirimkan chakra.
  3. Membalas efek Infinite Tsukuyomi.
  4. Membuat portal untuk berpindah tempat atau ke dimensi lain
  5. Menyerap serangan ninjutsu.

Daftar Pemilik Rinnegan:

  • Sasuke Uchiha
  • Madara Uchiha
  • Obito Uchiha
  • Hagoromo Otsutsuki
  • Momoshiki Otsutsuki
  • Nagato

 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}