Tips & Tricks

Disjoint, Teknik Dasar Game MOBA untuk Menghindari Kematian!

Yuk kita mengenal lebih dalam tentang mekanisme disjoint, salah satu mekanisme di game MOBA yang bisa membuatmu menghindari kematian!

Apabila kamu bermain game MOBA, tentu ada berbagai mekanisme yang perlu kamu pelajari, apalagi kalau mau menjadi seorang pemain pro. Bukan tanpa alasan, mempelajari mekanisme di dalam game bisa membantumu memahami sebuah game dengan lebih baik. Salah satunya adalah disjoint, mekanisme untuk menghindari proyektil dan membuat efek proyektil tidak bekerja sama sekali. Apabila sudah menguasainya, menghindari kematian pun jadi hal mudah, gaes!

Sumber: fredusmekerlol

Disjoint adalah sebuah mekanisme yang bisa dimanfaatkan di saat-saat genting, terutama ketika nyaris mati dikepung musuh. Sebagai contohnya adalah di Dota 2, kamu bisa menghindari berbagai proyektil baik menggunakan skill maupun item, menggunakan skill maupun item dengan efek blink, invulnerable, maupun hidden.

Walaupun begitu, tidak semua skill bisa di-disjoint dengan memanfaatkan disjoint ini; misalnya Chain Frost miliki Lich yang tetap akan memantul selama ada target di sekitar range Chain Frost maupun Homing Missile milik Gyrocopter yang akan tetap mengejar kemanapun targetnya berada.

Sumber: Youtube/BluePanda

Namun berbeda dengan MOBA mobile seperti Mobile Legends maupun Arena of Valor. Keduanya nyaris tidak bisa melakukan disjoint selain hidden menggunakan skill. Tidak terlalu banyak pula Hero yang bisa melakukan disjoint di dalam game MOBA mobile jika dihitung secara keseluruhan. Sebut saja Hayabusa, Lancelot, atau Sun dari Mobile Legends dan Murad atau The Flash dari Arena of Valor. Baldum pun juga bisa melakukan hal tersebut namun bukan dirinya sendiri, melainkan musuh di area Ultimate-nya. Selain itu, disjoint juga bisa dilakukan dengan memiliki item yang memberikan invulnerable seperti Winter Truncheon di Mobile Legends maupun Arctic Orb di Arena of Valor.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang mekanisme disjoint. Apabila kamu nantinya sudah paham dengan mekanisme ini, kamu tinggal menguasainya dengan mengatur timing sempurna supaya bisa membalikkan permainan. Selamat mencoba di dalam game kesayanganmu ya, gaes! Jangan lupa follow media sosial DuniaGames untuk informasi seputar MOBA lainnya!

Baca Juga >> Masih Ramai Sejak 2000-an, Inilah 3 Alasan Kenapa Game MOBA Bakal Bertahan Lama!

Sumber gambar utama: Youtube/Phil Kidd

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games