Just For Fun

Pemerintah Belgia Mencium Sistem Lootbox, EA Terancam Diundang ke Meja Hijau!

Pemerintah Belgia melarang sistem lootbox untuk semua game yang rilis di sana, tapi EA malah tetap ‘cuek’ menghadapi hukum ini. Menantang maut?

Akhir-akhir ini, banyak beredar kabar tentang kontroversi sistem lootbox atau bisa dikenal sebagai gacha. Tanggap jeritan gamer, pemerintah negara Belgia dan Belanda secara resmi memberi aturan ketat untuk sistem lootbox karena kedua negara Eropa ini menganggap sistem lootbox adalah bagian dari perjudian.

Secara garis besar, peraturan ini membuat game-game tidak bisa diakses oleh gamer di bawah umur dan harus memenuhi berbagai syarat dan ketentuan permainan yang berbasis judi. Semua game dengan lootbox yang rilis di Belgia dan Belanda pun sudah disesuaikan -- kecuali game terbitan Electronic Arts (EA).

hexus.net

Developer dan publisher kelas berat lain seperti Valve dan Blizzard sudah setuju dengan peraturan pemerintah ini dan elah mengubah cara kerja lootbox mereka, namun EA malah menolak untuk mengindahi peraturan tersebut. Walaupun keputusan pengadilan Belgia sudah sah, EA tetap mempertahankan sistem lootbox FIFA Ultimate Team (FUT) di game FIFA 18 tanpa mengubah apapun.

Tingkah EA ini akhirnya sampai di meja kerja pihak Komisi Gaming Belgia sebagai penanggung jawab yang mulai melayangkan surat penyidikan melalui Kejaksaan Umum Belgia ke penerbit serial populer macam Battlefield dan Need for Speed tersebut. Ditambah lagi EA juga berencana merilis FIFA 19 tanpa perubahan sistem FUT sebelumnya.

elecspo.com

EA dikatakan siap bertarung melawan 'hukum' Belgia di meja hijau. EA percaya bahwa sistem FUT di game sepak bola teranyar mereka bukanlah sebuah lootbox. Karena itu mereka merasa sistem kartu FUT tidak masuk kategori perjudian.

Menurut kamu bagaimana? Apakah EA bisa memenangkan kasus ini? Atau EA harus pasrah mengikuti peraturan pemerintah jika kalah? Kita tunggu saja kabarnya nanti!

Baca Juga >> Ini Dia 5 Video Game Ajib yang Wajib Diantisipasi dari Gelaran EA Play 2018!

Sumber: hexus.net
Sumber gambar utama: gadgets.ndtv.com

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games