Tips & Tricks

Tips Rakit-Merakit Gunpla: Alat-alat Penunjang Para Gunpla Builder, Penting Bagi Pemula!

Gunpla bagus tidak hanya bermodal dari model Gundamnya saja, melainkan didukung oleh alat perkakas penting yang baik dan mumpuni.

Setelah kamu menetapkan pilihan hati akan jenis Gunpla mana yang ingin kamu rancang, tiba saatnya kamu memulai perakitan model Gundam kamu tersebut. Tapi, kamu jangan asal merakitnya. Kamu tentu tidak mau, kan, Gunpla kamu terlihat kurang rapih padahal kamu sudah berusaha sebaik mungkin? Karena itu, kamu sebaiknya memiliki alat-alat penting ini untuk merakit Gunpla agar action figure robot ini bisa berdiri gagah dan terlihat cakep. Apa saja alat-alat tersebut? Langsung saja kita urutkan satu per satu!

1. Side Cutter/Nipper

gunpla101.com

Kalau bahasa Indonesianya adalah tang potong. Fungsi nipper sudah jelas kan ya, untuk memotong part Gunpla dari runner-nya -- bingkai atau rangka plastik tempat menempel bagian-bagian Gunpla.

Kamu bisa mendapat alat ini toko hardware atau perkakas dengan harga yang cukup murah. Tapi, jika kamu memiliki budget lebih, sebaiknya kamu beli nipper yang lebih mahal. Karena, semakin mahal harga nipper, semakin bagus presisi memotong dan umur penggunaannya juga lebih lama.

2. Pen Cutter

picclick.com

Alat ini sesungguhnya adalah cutter, namun dengan ukuran kecil dan dipegang seperti memegang pulpen. Pen cutter berfungsi untuk merapikan sisa potongan runner yang tersisa di permukaan part Gunpla. Sama dengan nipper, kamu juga bisa menemukan pen cutter di toko perkakas kesayangan kamu.

3. Cutting Mat

yyfashions.blogspot.com

Sesuai namanya, cutting mat adalah alas tempat memotong model kit agar lebih presisi dan tidak merusak meja tempat memotong. Cutting mat adalah jodohnya pen cutter. Jangan sampai kamu membeli pen cutter tapi cutting mat-nya ditinggal!

Selain melindungi meja dari sayatan pen cutter, cutting mat juga bisa melindungi sisi tajam pen cutter agar tidak cepat tumpul. Serasi bukan?

Lanjut ke halaman dua.

Baca Juga >> Fans Gundam Sudah Siap? Bandai Namco Umumkan Tanggal Rilis New Gundam Breaker Versi PC!