Dunia Games

11 Nama Bijuu dan Masing-Masing Jinchuuriki Dari Naruto Shippuden

Inilah daftar 11 Bijuu, Monster Berekor dari dunia Naruto beserta penjelasan lengkap dari Jinchuuriki dan kekuatan mereka!

 

Di dunia Naruto ada sembilan makhluk raksasa berkekuatan sangat besar yang disebut sebagai Bijuu -- atau Monster Berekor. Kekuatan yang mereka miliki mampu menghancurkan dunia, sehingga biasanya para Bijuu akan disegel ke dalam tubuh seorang ninja dengan harapan ninja tersebut akan mampu mengontrol kemampuan para monster tersebut. Ninja-ninja terpilih inilah yang disebut sebagai Jinchuuriki.

Tidak hanya mendapatkan kekuatan yang dimiliki seekor Bijuu, Jinchuuriki juga mendapatkan pasokan chakra dalam jumlah besar serta bisa memanggil mereka untuk bekerjasama. Akan tetapi, bila Bijuu diambil secara paksa dari tubuh seorang Jinchuuriki, sang ninja tadi akan mati. Namun ada kalanya mereka tetap berhasil hidup, maka kekuatan yang didapat juga akan menetap di tubuh manusia yang menjadi Jinchuuriki.

Apakah saja Bijuu yang ada di dunia Naruto Shippuden? Mari kita bahas bersama-sama.

 

1. Shukaku - Ekor Satu (Ichibi)

Sumber: Deviantart.com

 

Shukaku memiliki bentuk seperti seekor tanuki (rakun asli Jepang) yang terbuat dari pasir. Sombong karena pertahanan pasirnya tidak bisa ditembus, dia memiliki persaingan dengan Kurama si Ekor Sembilan karena Kurama mengatakan jumlah ekor mereka menandakan seberapa besar kekuatan yang mereka miliki. Shukaku pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 35 dan di anime-nya pada Episode 20.

- Jinchuuriki: Bunpuku, Gaara

- Desa Pemilik: Sunagakure

- Kekuatan: Manipulasi pasir, manipulasi magnet, menembakkan peluru angin

 

2. Matatabi - Ekor Dua (Nibi)

 

Matatabi berwujud kucing yang terbuat dari api berwarna biru. Wujud dan namanya terinspirasi dari legenda kucing hantu Jepang berekor dua dan tanaman "matatabi" yang sangat menarik bagi kucing. Sifatnya sopan dan ramah, dan biasa memakai bahasa formal saat berbicara dengan orang lain. Matatabi pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 312 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 71.

- Jinchuuriki: Yugito Nii

- Desa Pemilik: Kumogakure

- Kekuatan: Menyembur dan menembakkan api

 

3. Isobu - Ekor Tiga (Sanbi)

 

Bentuk tubuh Isobu sangat aneh, seperti kura-kura namun dengan cangkang berduri seperti kepiting. Dia juga memiliki tangan dan kaki seperti manusia. Namanya diambil dari hantu laut Jepang Isonade. Dia adalah Bijuu pertama yang muncul dalam keadaan liar. Isobu pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 317 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 92.

- Jinchuuriki: Rin Nohara, Yagura

- Desa Pemilik: Kirigakure

- Kekuatan: Menciptakan karang, berenang dengan kecepatan tinggi, mengeluarkan asap halusinasi, manipulasi air, berguling seperti bola

 

Baca Juga:

>> Sharingan, Byakugan, Rinnegan: Tiga Dojutsu Terkuat di Dunia Naruto!

 

4. Son Goku - Ekor Empat (Yonbi)

 

Son Goku memiliki wujud seperti monyet berbulu merah dengan postur gorila dan taring dan tanduk yang besar. Namanya merupakan pelafalan Jepang dari "Kera Sakti" Sun Gokong, dan hubungannya dengan Roshi tampaknya diambil dari dua karakter Dragon BallGoku dan Master Roshi. Sifatnya sombong tetapi tetap menghormati teman-teman Bijuu-nya. Son Goku pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 567 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 165.

- Jinchuuriki: Roshi

- Desa Pemilik: Iwagakure

- Kekuatan: Bijuu dengan kekuatan fisik tertinggi, menembakkan lava dan batu berapi, mengeluarkan api hijau

 

5. Kokuo - Ekor Lima (Gobi)

 

Kokuo berbentuk seperti kuda, tapi dengan kepala bulat layaknya lumba-lumba dan memiliki lima tanduk di kepalanya. Namanya diambil dari pelafalan kuno Jepang yang memiliki arti "damai dan indah" atau "rendah hati dan bermartabat," sesuai dengan sifatnya yang pendiam dan keinginannya menyendiri di hutan setelah dibebaskan Naruto dan Sasuke di akhir Perang Dunia Ninja. Kokuo pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 566 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 165.

- Jinchuuriki: Han

- Desa Pemilik: Iwagakure

- Kekuatan: Manipulasi teknik uap panas

 

6. Saiken - Ekor Enam (Rokubi)

 

Saiken berbentuk seperti siput berlendir, namun dengan tangan dan kaki kecil. Dia memiliki sifat yang relatif penurut dibanding teman-teman Bijuu-nya. Saiken pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 567 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 151.

- Jinchuuriki: Utakata

- Desa Pemilik: Kirigakure

- Kekuatan: Manipulasi gas dan cairan korosif, manipulasi teknik gelembung, mengeluarkan cairan lengket

 

Baca Juga:

>> 7 Dunia Anime Paling Asyik Buat Ditinggali!

 

7. Chomei - Ekor Tujuh (Nanabi)

 

Wujud Chomei tidak kalah aneh dengan Isobu. Dia berbentuk seperti kumbang tanduk berpola baju zirah dengan enam buah sayap yang membentuk sisa dari tujuh ekor yang dia miliki. Sifatnya sangatlah periang, bahkan memanggil dirinya sebagai "Lucky Seven Chomei" dari angka tujuh yang dianggap sebagai angka keberuntungan. Chomei pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 570 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 165.

- Jinchuuriki: Fu

- Desa Pemilik: Takigakure

- Kekuatan: Manipulasi benang chakra, pertahanan kelas tinggi

 

8. Gyuki - Ekor Delapan (Hachibi)

 

Hachibi memiliki tubuh seperti manusia tapi berkepala sapi dan berkaki tentakel gurita sebanyak delapan buah. Nama dan tubuhnya diambil dari hantu jepang Ushi-oni alias Gyuki. Dulunya liar dan ganas, sifatnya jadi serius, tangguh dan berkepala dingin sejak bersama Killer Bee. Hubungannya dengan Killer Bee nampaknya adalah permainan kata, karena angka "delapan" adalah "hachi" dalam bahasa Jepang, yang juga bisa berarti sebagai "lebah" atau "bee" dalam bahasa Inggris. Gyuki pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 413 dan di anime-nya pada Naruto Shippuden Episode 143.

- Jinchuuriki: Blue Bee, Killer Bee

- Desa Pemilik: Kumogakure

- Kekuatan: Manipulasi tinta hitam, manipulasi chakra melalui tentakel yang terpotong, memperkuat tembakan Tailed Beast Ball

 

9. Kurama - Ekor Sembilan (Kyuubi)

 

Bijuu terakhir, Kurama, memiliki wujud yang paling normal dibanding yang lain, yaitu rubah oranye berekor sembilan. Wujudnya diambil dari hantu rubah Jepang yang akan menambah jumlah ekor bila dia semakin kuat -- dengan maksimal mencapai sembilan ekor. Persaingannya dengan Shukaku terinspirasi dari pepatah Jepang, "rubah dan tanuki beradu kepintaran," yang berarti dua orang licik saling berusaha menipu satu sama lain. Namanya sendiri diakui Masashi Kishimoto diambil dari karakter Kurama dari serial anime Yu Yu Hakusho yang juga merupakan siluman rubah.

Kurama memiliki sifat yang sinis dan licik, serta kesombongannya berasal karena memiliki jumlah ekor paling banyak dibanding teman-teman Bijuu-nya. Seperti kebanyakan Bijuulain, dia juga sempat membenci manusia karena selalu diperalat dan dimusuhi, namun akhirnya Kurama bisa memaafkan dan sukarela membantu manusia setelah bekerjasama dengan Naruto. Kurama pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 1 dan di anime-nya pada Naruto Episode 1.

- Jinchuuriki: Mito Uzumaki, Kushina Uzumaki, Naruto Uzumaki

- Desa Pemilik: Konohagakure

- Kekuatan: Chakra yang sangat besar, memperkuat tembakan Tailed Beast Ball, menyerang dengan gelombang angin, merasakan emosi negatif

 

Baca Juga:

>> 6 Adegan Tersedih yang Terjadi di Anime Naruto!

 

10. Ekor Sepuluh (Juubi)

 

Perwujudan dari Kaguya Otsutsuki dikombinasikan dengan Pohon Dewa untuk merebut kembali chakra yang diwarisi oleh anak-anaknya, Hagoromo dan Hamura. Ekor Sepuluh dianggap sebagai nenek moyang chakra. Dan saat Hagoromo menjadi Jinchuuriki, dia menyebar chakra Ekor Sepuluh untuk membuat para Bijuu. Ekor Sepuluh pertama kali muncul di komik Naruto Chapter 467 dan di anime-nya pada Naruto Episode 205.

- Jinchuuriki: Hagoromo Otsutsuki, Obito Uchiha, Madara Uchiha

- Kekuatan: Chakra yang tidak bisa dinilai, menyedot chakra, membuat bencana alam, membuat replika, menembakkan Tailed Beast Ball tidak terbatas, Mugen Tsukuyomi

 

11. Ekor Nol (Reibi)

 

Berbentuk seperti lintah panjang dengan topeng putih kecil di kepalanya, walau disebut-sebut sebagai salah satu Bijuu, tapi dia tidak terbuat dari chakra Ekor Sepuluh. Namun kekuatannya tetap besar dan berbahaya. Ekor Nol muncul di Naruto Shippuden the Movie: Bonds.

- Jinchuuriki: Amaru

- Kekuatan: Membuat chakra kegelapan, merasakan emosi negatif

 

Baca Juga:

>> 10 Lagu Naruto Terbaik yang Paling Nggak Bisa Dilupain!

 

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}