Dunia Games

Terungkap! Inilah Arti Sebenarnya dari Kata 'Plus Ultra' di My Hero Academia!

Mampu bangkitkan semangat penggemar, sebenarnya apa arti Plus Ultra di My Hero Academia? Ternyata jawabannya datang dari Eropa dan nama mangaka-nya!

Penggemar berat manga dan anime My Hero Academia tentu akrab betul dengan istilah Plus Ultra. Merupakan semboyan Akademi U.A. tempat Deku dan kawan-kawan menimba ilmu, kata yang belum jelas asal-usulnya ini memang terdengar keren dan penuh semangat. Tapi apa sih sebenarnya arti Plus Ultra? Apa sekedar gabungan dari dua kata secara asal yang memberikan kesan heboh saja?

Eits, jangan salah. Ternyata kata Plus Ultra ini juga digunakan loh di dunia nyata.

'Plus Ultra' sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah dalam bahasa Latin, sederhananya bisa diterjemahkan menjadi 'lebih dari lebih' atau sedikit lebih kerennya, 'melampaui yang lebih jauh'. Semboyan negara Spanyol ini diangkat dari moto Kaisar Romawi Karl V  -- yang mana diambil dari kata 'non terrae plus ultra' ('tidak ada bumi lebih dari ini') setelah benua Amerika ditemukan oleh Colombus.

Nah, maka dari itu di dunia nyata kata Plus Ultra bisa kamu lihat sebagai kata-kata pembangkit semangat yang mengajakmu untuk berusaha sekuat mungkin, melampaui batasan diri dan berkembang lebih jauh dari yang kamu sendiri duga, serta mengambil risiko besar agar bisa mencapai puncak. Sangat meningkatkan motivasi, kan?

Kohei Horikoshi/Shueisha/Bones

Tapi! Ada teori lain yang cukup menarik datang dari komunitas penggemar anime dan manga!

Menurut warganet pengguna Twitter bernama @CDCubed, moto Akademi U.A. Plus Ultra tidak hanya datang dari istilah Latin keren -- tapi juga dari nama Kohei Horikoshi, sang mangaka. 

Opini itu dia temukan ketika menyadari kalau kanji dalam nama pengarang My Hero Academia berusia 31 tahun itu menyimpan sebuah arti rahasia. Kanji 'koshi' (越) di namanya (Kohei Horikoshi, 耕平 堀越) berarti 'melampaui/melewati'. Sementara lengkapnya, 'horikoshi' (堀越) bisa diartikan sebagai 'melewati parit'; yang dia rasa seperti prajurit yang mampu melewati parit-parit pelindung di sekitar istana dengan mudah saat berperang.

Horikoshi juga mengaku dan terkenal sangat 'kreatif' (dan jayus) saat memberi nama karakter-karakternya. Contoh paling jelas seperti Katsuki Bakugo si pemilik Quirk peledak, 'katsu' berarti 'menang' dan 'bakuha' berarti 'meledak'; Tenya Iida punya Quirk lari cepat, 'idaten' adalah dewa Buddha yang sangat cepat dan dipakai untuk merujuk orang-orang yang bisa berlari kencang; bahkan nama ayah Deku, Hisashi, berarti 'waktu yang lama' dan menggambarkan Deku sudah lama tidak bertemu dengan ayahnya!

Melihat kreativitas Horikoshi, maka tidak mengherankan kalau warganet bisa sampai menduga hal tersebut ya, hahaha. Bagaimana menurutmu, apakah Horikoshi hanya mengambil inspirasi dari istilah luar negeri, mencampurnya dengan nama sendiri, atau jangan-jangan karena hanya terdengar keren saja?

Baca Juga >> Setelah My Hero Academia, Band Brian the Sun Isi Opening Baru Boruto Mulai Oktober Ini

Sumber: Jisho.orgStackexchange.com
Sumber gambar utama: Kohei Horikoshi/Shueisha/Bones

FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Voucher Games

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
PUBG
Mulai dari harga
Rp 0

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}