Dunia Games

10 Serial Anime Mecha Dengan Cerita dan Desain Terbaik

Inilah daftar 10 anime mecha terbaik menurut DuniaGames! Apakah anime mecha favoritmu masuk?

 

Dunia anime dipenuhi dengan judul-judul seru bertemakan robot-robot raksasa, alias mecha, yang keren pula. Tapi tentunya dari sekian ratus (atau mungkin ribu) judul anime yang ada, pastinya ada beberapa dari mereka yang bisa dianggap sebagai serial anime mecha terbaik.

Kali ini kita mau membahas 10 judul anime mecha terbaik versi DuniaGames, nih. Apa saja judul anime mecha terbaik kami ya? Yuk langsung saja simak!

 

10. Full Metal Panic

 

Menduduki peringkat 10 adalah Full Metal Panic, yang menceritakan pria militer Sousuke Sagara, anggota organisasi anti-teroris Mithril, yang ditugaskan melindungi gadis SMA bernama Kaname Chidori. Aslinya berupa novel, serial ini pun sudah diadaptasi dalam berbagai media lain, anime televisi, film OVA, dan 5 judul manga berbeda.

 

9. Big-O

 

Big-O ini bisa dibilang adalah jawaban dari, "Apa jadinya kalau Batman dibuat jadi anime mecha?" Tidak mengherankan karena serial anime ini merupakan hasil kerjasama studio anime Sunrise dan Cartoon Network, jadi Big-O digarap dengan cerita yang mirip dengan komik-komik atau kartun Amerika.

Cerita Big-O mengambil waktu 40 tahun setelah kejadian misterius yang menyebabkan warga Paradigm City kehilangan ingatan mereka. Menceritakan karakter Roger Smith, seorang "negitiator" dengan jas hitam dan gaya yang necis, petualangannya dibantu oleh android perempuan bernama R. Dorothy Wayneright dan pelayannya Norman Burg. Ketika musuh raksasa menghadang, Roger akan memanggil Big-O, peninggalan raksasa dari masa lalu kota tersebut.

 

8. Aldnoah.Zero

 

Penemuan gerbang hyper di bulan memungkinkan manusia untuk melakukan teleport ke Mars. Sesampainya di sana, mereka menemukan teknologi canggih bernama Aldnoah. Penemuan ini pun mengakibatkan pihak manusia yang berpindah ke Mars untuk membentuk Kerajaan Vers dan berperang melawan Terrans, kaum manusia yang masih tinggal di bumi. Cerita pun berfokus pada seorang remaja bernama Inaho Kaizuka, dengan kemampuan bertempur dan strategi yang sangat ahli hingga bisa mengalahkan robot-robot canggih dengan robot kunonya.

 

Baca Juga :

>> Apakah Benar Ini Alasan Kawaki Ingin Melenyapkan Dunia Shinobi?

 

7. Code Geass

 

Code Geass menceritakan perjalanan pangeran Lelouch vi Britannia memperoleh kekuatan yang dikenal sebagai Geass dan memutuskan untuk menggunakannya untuk melenyapkan Holy Britannian Empire, sebuah kekaisaran monarki dan negara adikuasa yang telah menaklukkan berbagai negara.

 

6. Patlabor

 

Patlabor bisa dibilang memiliki tema robot raksasa yang paling berbeda dibanding kisah-kisah mecha lainnya. Bukannya dibuat sebagai mesin tempur, saja mecha di dunia Patlabor juga dipakai untuk pekerjaan industri, pembangunan kota, dan kepolisian.

Cerita Patlabor mengambil waktu pada tahun 1998 hingga 2002an -- masa yang relatif "futuristik" mengingat cerita dibuat pada tahun 1988 silam. Di dunia ini robot yang disebut "Labors" digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan industri berat. Kisah pun berkutat pada Kepolisian Metropolitan Tokyo yang memiliki armada Patrol Labors alias Patlabors sendiri untuk menghadapi kasus kriminal, terorisme, dan kecelakaan yang melibatkan para Labors.

 

5. Zoids

 

Bicara soal tema yang unik, judul yang satu ini juga memiliki tema robot yang unik: yaitu mecha berbentuk hewan. Berasal dari serial mainan model-kit, cerita yang dibawakannya pun cukup unik, mereka menyisipkan potongan-potongan cerita dalam setiap kotak mainan Zoids yang dijual.

Awalnya Zoids menceritakan perseteruan dua negara, Helic Republic dan Zenebas Empire. Senjata utama mereka adalah Zoids, mesin perang hidup yang dibuat dari metal hidup asal planet Zi. Cerita pun terus berkembang menjadi semakin kompleks dengan hadirnya lini-lini mainan baru dan serial anime Chaotic Century, New Century Zero, Fuzors, dan Genesis.

 

4. Macross

 

Serial yang satu ini juga memiliki mecha yang beda dari yang lain, di mana dari sebuah pesawat bisa berubah menjadi mecha. Judulnya berasal dari nama salah satu pesawat utama yang dibuat dari teknologi alien dalam ceritanya, Super Dimension Fortress Macross yang jatuh di kepulauan South Ataria. Dari teknologi alien tersebut, manusia menciptakan teknologi Overtechnology yang memungkinkan mereka membuat mecha (variable fighters and destroids), mesin pesawat luar angkasa, dan benda canggih lainnya.

Macross juga dikatakan selalu memiliki tema bahwa cinta, budaya, dan musik akan selalu bisa mengalahkan kekuatan jahat. Dan itulah mengapa mereka kerap kali memiliki tokoh idol di dalamnya, saya rasa...

 

Baca Juga :

>> Bersiap Untuk Clash Royale Competition Pada Acara MAXcited di Empat Kota Besar!

 

3. Gurren Lagann

Dikenal juga sebagai Tengen Toppa Gurren Lagann, anime ini yang mempopulerkan senjata bor raksasa di kalangan para penggemar anime. Kalau kamu merasa itu sudah cukup gokil, kamu harus nonton episode terakhirnya, di mana mereka melempar-lempar galaksi layaknya piringan tajam!

Digarap oleh studio anime GainaxGurren Lagann menceritakan mengenai bumi yang dikuasai oleh King Spiral, Lordgenome, yang memaksa manusia untuk hidup di bawah tanah. Dua remaja yang tinggal di sebuah desa bawah tanah, Simon dan Kamina, ingin pergi ke permukaan dan menggunakan mecha dikenal sebagai Lagann, mereka berhasil serta memulai pemberontakan bersama manusia lainnya melawan pasukan Lordgenome.

 

2. Evangelion

 

Judul lain juga yang dibuat oleh Gainax. Top juga karya mereka ya, menjadi 2 dari 3 anime terbaik di daftar ini! Biasa disebut Eva, Neon Genesis Evangelion adalah anime dengan latar di Tokyo, Jepang, 15 tahun setelah terjadinya bencana di seluruh dunia. Cerita berpusat pada Shinji, seorang remaja yang direkrut oleh ayahnya ke organisasi misterius NERV untuk mengendalikan mesin biologis yang disebut Evangelion dalam pertempuran melawan makhluk bernama Angels dan mencegah terjadinya bencana selanjutnya.

Membawa tema dan beragam analogi yang sangat serius, Evangelion pun laku keras tidak hanya di berbagai kalangan, termasuk pencinta anime dan juga para kritikus film.

 

1. Gundam

 

Nomor 1 tentunya dipegang oleh serial Gundam! Siapa yang nggak tahu dong serial mecha paling populer sejagat ini, tayang sejak tahun 1979, desain warna merah-biru-putih pun pastinya langsung identik dengan warna dari mecha Mobile Suit Gundam.

Sudah memiliki puluhan seri dan bahkan ratusan episode, Gundam memiliki cerita yang kompleks dan desain mecha paling keren yang mungkin pernah dibuat. Terbukti gunpla atau mainan plastiknya bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko mainan tanah air, saking populernya.

 

Baca Juga :

>> Siapa Sajakah Pemegang Nama "D.", Bajak Laut yang Akan Mengubah Dunia?

 

Voucher

Free Fire
Mulai dari harga
Rp 2.500
Arena of Valor
Mulai dari harga
Rp 2.500
Mobile Legends
Mulai dari harga
Rp 1.500
ShellFire
Mulai dari harga
Rp 3.000
Garena Shell
Mulai dari harga
Rp 12.500

Komentar () Jadi yang pertama memberikan komentar!

Balasan untuk: {{ replied_comment.user.name }} {{ replied_comment.updatedAtForHumans }} Hapus

Silakan Login untuk menulis komentar

{{ r.user.name }} {{ r.updatedAtForHumans }}

{{ re.user.name }} {{ re.updatedAtForHumans }}