Elden Ring Nightreign Adaptasi Sistem Tingkat Kesulitan untuk Dipilih
Elden Ring Nightreign adaptasi sistem tingkat kesulitan untuk dipilih gamer nih. Apakah auto bisa untuk semua orang?
Games | 08 May
Oleh Imadudin R A
Elden Ring Nightreign semakin dinanti jelang peluncurannya pada 30 Mei 2025 untuk PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC.
Dari sekian banyak pembaruan yang ditawarkan, satu hal paling menarik perhatian adalah keputusan FromSoftware untuk menyesuaikan sistem kesulitan berdasarkan masukan pemain saat network test awal tahun ini.
Apakah ini tanda bahwa FromSoftware mulai membuka diri pada aksesibilitas tanpa mengorbankan tantangan khasnya?
Masukan Pemain Jadi Landasan Perubahan
Dalam wawancaranya dengan PlayStation.Blog, Junya Ishizaki selaku sutradara Elden Ring Nightreign mengungkap bahwa feedback dari komunitas memainkan peran besar dalam pengembangan.
Menurut Ishizaki, banyak pemain merasa permainan terlalu repetitif dan kurang memberi arahan yang jelas terkait tujuan utama dalam permainan. Dari sinilah lahir perubahan besar, salah satunya adalah sistem penyampaian informasi yang kini lebih intuitif.
Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah sistem kesulitan adaptif yang kini dihadirkan dalam Nightreign. Pemain akan bisa memilih tingkat tantangan yang mereka hadapi, namun tidak dengan cara konvensional seperti sekadar memilih “Easy”, “Normal”, atau “Hard”.
Sebaliknya, game ini mengatur ritme dan tantangan berdasarkan gaya bermain pemain. Strategi yang awalnya berhasil mungkin akan menjadi usang seiring waktu, memaksa pemain untuk terus berinovasi.
Game ini juga menawarkan delapan karakter yang bisa dimainkan dan berbagai bos ikonik, termasuk dari semesta Dark Souls. Para pemain akan menjelajahi versi alternatif dari wilayah Limgrave dan bisa bermain secara kooperatif dalam tim berisi tiga orang. Kombinasi ini membuka potensi gameplay yang lebih dinamis dan penuh kejutan.
Untuk menjaga variasi dan menjaga pemain tetap tertantang, Ishizaki juga mengonfirmasi bahwa versi penuh Nightreign akan jauh lebih kaya dibandingkan versi network test. Selain itu, DLC bosses juga akan hadir pasca peluncuran, memberi tantangan tambahan bagi mereka yang sudah menyelesaikan cerita utama.
Langkah FromSoftware untuk menghadirkan sistem kesulitan yang lebih adaptif di Elden Ring Nightreign menandai era baru bagi studio yang dikenal dengan game super sulit.
Namun perubahan ini bukan berarti kehilangan jati diri. Justru, Nightreign menawarkan pendekatan yang lebih seimbang antara tantangan, variasi, dan aksesibilitas. Dengan rilis yang semakin dekat dan konten tambahan yang sudah dijanjikan, Nightreign tampaknya siap menjadi salah satu rilisan terbesar 2025.
Apakah ini akan menjadi soulslike paling fleksibel dan memuaskan sejauh ini? Kita akan segera mengetahuinya.
Nantikan informasi-informasi menarik lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram Dunia Games ya. Kamu juga bisa dapatkan voucher game untuk Mobile Legends dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games.
Komentar ( 0 )
Please login to write a document.