Pembelian Cepat
0 min reading

Berawal dari Hobi, Inilah Kisah Awal Terbentuknya Dots Board Game Cafe

Andre sebagai pemilik Dots Board Game Cafe menceritakan awal mulanya ia menciptakan tempat ini. Yuk cari tahu info selengkapnya di sini

Games | 09 February

2022-02-08T17:31:53.000Z

Board game menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan anak muda untuk kumpul dan bermain bersama di dalam satu meja atau ruangan. Namun, harganya yang cukup mahal membuat sebagian anak muda kesulitan untuk menikmati board game. Untungnya, ada suatu tempat yang menyediakan ratusan board game untuk bisa kamu mainkan bersama teman. Tempat ini bernama Dots Board Game Cafe yang bisa kamu temukan di Paskal Hyper Square, Bandung dan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Awal Didirikannya Dots Board Game Cafe

Andre, sebagai pemilik dari Dots Board Game Cafe pun sedikit menceritakan kisah awal mula ia mendirikan tempat ini. Andre memang cukup hobi bermain board game sejak tujuh tahun lalu, dan board game yang pertama kali ia mainkan kala itu bernama Catan. Mengetahui board game sangat seru, akhirnya Andre mulai mengoleksi satu per satu hingga mengumpulkan puluhan judul. Dari hobi mengoleksi tersebut, akhirnya Andre terpikirkan untuk membuat cafe.

"Saya sih dikenalkan board game sekitar tujuh tahun lalu, nama board game-nya Catan. Sejak itu saya menyadari bahwa board game seru gitu, gak cuma kayak Monopoly atau UNO gitu. Akhirnya, saya mulai koleksi, beberapa judul dari sepuluh sampai dua puluh, terus makin banyak. Nah, dari sini saya kepikiran 'kenapa enggak buat cafe aja karena sudah hobi?' gitu," kata Andre saat berbincang dengan penulis.

Ingin mewujudkan keinginannya, akhirnya Andre pun membuat Dots Board Game di tahun 2019 dan pertama kali didirikan di Paskal Hyper Square, Bandung. Sedangkan untuk yang di Jakarta, baru didirikan pada Januari 2021.

"Jadi tahun 2019, buka Dots yang pertama itu di Bandung. Karena saya orang Bandung, jadi buka pertama kali di Bandung. Sedangkan kalau Dots Jakarta itu Januari 2021," tambahnya.

Ada Hampir 400 Judul Board Game di Dots Board Game Cafe!

Andre juga mengatakan kalau judul board game yang bisa kamu mainkan di Dots sangat banyak. Untuk di Bandung, Dots menyediakan 400 judul board game yang bisa kamu mainkan. Sedangkan di Jakarta, ada 300 judul yang bisa kamu mainkan. Mulai dari board game dengan tingkat kesulitan tinggi sampai gampang bisa kamu temukan di sini.

"Jakarta sih sekitar 300 judul board game, kalau yang di Bandung sudah hampir 400. Karena di Bandung sudah 2 tahun lebih awal, makanya judul board game-nya lebih banyak dari yang di Jakarta," ucap Andre.

Andre pun mengemukakan kalau ia berencana untuk memperluas Dots Board Game Cafe, tapi wilayahnya masih tidak akan keluar dari sekitaran Jakarta. Di samping itu, rencana ini pun belum tahu kapan akan direalisasikan mengingat Indonesia masih di kondisi pandemi.

"Dengan kondisi sekarang, mungkin sementara masih akan berfokus di dua kota ini. Ada sih rencana untuk memperluas, tapi mungkin belum di luar kota Jakarta," kata Andre saat ditanyakan rencana Dots untuk memperluas wilayah.

Cara Pemilik Dots Board Game Cafe Mengajak Orang-orang untuk Mulai Main

Untuk mengajak orang-orang mulai bermain board game, Andre memiliki caranya tersendiri. Biasanya ia mulai memperkenalkan board game yang mudah untuk dipelajari yang dikenal dengan istilah Gateway -- cocok untuk pemain baru.

"Misalnya orang bilang enggak suka board game. Enggak mungkin 20 ribu board game enggak ada yang disuka, pasti ada yang disuka. Board game juga ada level-level-nya, jadi kalau belum pernah main sangat disarankan main yang mudah-mudah dulu. Kalau yang gampang-gampang namanya Gateway. Nah, dari situ pelan-pelan dipancing biar hobi," ucap Andre saat ditanyai cara mengajak orang untuk mulai bermain board game.

Kamu yang mungkin baru mulai bermain board game pun tidak perlu malu datang ke sini, karena Dots Board Game menyediakan 24 orang karyawan yang siap membantu untuk mengajari dan mencarikan judul board game yang cocok dimainkan. Angeline, Marketing Dots Board Game juga mengatkan kalau Dots rutin menghadirkan turnamen setiap bulannya. Namun karena kasus COVID yang kembali melonjak, maka turnamen ini harus dihentikan sementara.

Pendapat Pemilik Dots Soal Perkembangan Board Game di Indonesia

Mungkin banyak di antara kamu yang belum mengenal board game, atau ada juga yang ingin main tapi tidak punya dana. Mengomentari perkembangan board game di Indonesia, pemilik dari Dots meyakini kalau lima tahun lagi setiap rumah di Indonesia setidaknya memiliki satu judul board game untuk dimainkan. Hal ini berdasarkan pengamatannya sejak lima tahun lalu di mana produksi board game sangat meningkat pesat hingga banyak diminati oleh anak muda.

"Menurut saya, lima tahun ke depan semua keluarga di rumah setidaknya bakal punya satu judul board game. Soalnya, sejak lima tahun lalu board game lagi naik banget. Kalau lihat grafis produksinya tiba-tiba naik gitu, jadi per tahun bisa ribuan judul board game baru," ucap Andre.

Nah, itulah sedikit perbincangan penulis dengan Andre selaku pemilik Dots Board Game Cafe di Indonesia. Nantikan informasi seputar game dan anime lainnya serta jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram Dunia Games untuk update info yang tak kalah menarik.

Kamu juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games! Cuma di Dunia Games saja, beli voucher game dapat extra bonus kuota internet!

Baca Juga >> [REVIEW] Dots Board Game Cafe, Tempat yang Asik Buat Nongkrong Bareng Teman

Tags

Komentar ( 0 )

Please login to write a document.

Artikel Terkait

[REVIEW] Dots Board Game Cafe, Tempat yang Asik Buat Nongkrong Bareng Teman

Review | 08 February

Drama di Diamond Casino yang Membentuk Alur Cerita GTA 5 & GTA Online

Games | 18 July

Inilah Cerita Lengkap GTA San Andreas, Menceritakan Pengkhianatan?!

Games | 01 November

[REVIEW] The Quarry, Game Horor Serasa Nonton Film!

Games | 24 June

[REVIEW] GTA: The Trilogy The Definitive Edition (PC), Nostalgia yang Kurang Indah

Grand Theft Auto | 24 November

[Review] Cenayang, Board Game Seru Jadi Dukun Biar Bisa Mengungkap Rahasia Gebetan!

Games | 16 September

Kode Cheat GTA Lengkap Bahasa Indonesia, dari San Andreas Sampai GTA V

Games | 13 August

Daftar Lengkap Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, & PC Bahasa Indonesia

Games | 14 August