Pembelian Cepat
7 min reading

[REVIEW] ASUS TUF Gaming F15 (FX507Z), Laptop Gaming Ngebut dengan Intel Gen 12

Dengan prosesor Intel i7 12th Gen H45 series dan RTX 3070, ASUS TUF Gaming F15 jadi laptop paling buas dengan harga terjangkau yang bisa jadi pilihan.

Gadget | 19 July

2022-07-19T17:54:24.000Z

Saat ini ASUS bisa dibilang tidak segan-segan dalam menghadirkan sebuah laptop powerful dengan kekuatan yang besar dan juga spesifikasi tinggi. Jika sebelumnya standar tersebut hanya disandang oleh lini ROG, kini dalam seri TUF Gaming, gamer bisa merasakan hal yang hampir sama. Sehingga bisa dibilang, TUF Gaming terbaru sudah bisa menyaingi seri-seri ROG dan bisa mengimbangi laptop gaming brand lain yang sudah lebih dulu terjun di pasaran.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis diberikan kesempatan untuk mengulas seri ASUS TUF Gaming F15 (FX507Z) varian tertinggi yang mengusung spesifikasi Intel 12th Gen Alder Lake Core i7-12700H dan RTX 3070 8 GB VRAM sehingga terbilang sudah cukup buas untuk menjalankan game-game kelas AAA atau esports. Nah pastinya kamu penasaran bagaimana dengan performa yang dimikiki oleh laptop gaming satu ini? Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Desain Lebih Futuristik

Jika kamu tahu bagaimana desain seri TUF Gaming sebelumnya, penulis jamin kamu akan kaget melihat TUF Gaming F15 (FX507Z). Laptop gaming ini hadir dengan bodi yang sedikit lebih ramping 4.5% dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, garis desain bodi depannya juga berubah yang kini terlihat lebih minimalis dengan terdapat logo "TUF" yang menandakan bahwa ini merupakan lini laptop TUF yang dikenal tangguh. Walau begitu, TUF Gaming F15 (FX507Z) tetap mencerminkan nuansa gaming dengan hadirnya tombol keyboard RGB dan layar telah mendukung refresh rate tinggi.

Layar yang Memanjakan Mata

Pengalaman bermain game di TUF Gaming F15 (FX507Z) juga semakin dimanjakan karena hadir dengan layar IPS Level dengan resolusi QHD 2560 x 1440 piksel dan mendukung refresh rate hingga 300Hz! Bahkan layarnya juga memiliki cakupan warna 100% sRGB yang cemerlang. Tak hanya itu, layar TUF Gaming F15 (FX507Z) ini juga didukung teknologi Adaptive-Sync dan ASUS Tru2Life Video untuk layar lebih memanjakan mata dan mendongkrak pengalaman multimedia dan bermain game. 

Tidak lupa ASUS juga membenamkan fitur Eye Care pada TUF Gaming F15 (FX507Z) agar mata tak lekas lelah menatap monitor. Layar laptop gaming ini juga telah mengusung NanoEdge atau bezel yang tipis yang membuat terlihat sangat kekinian.  

Semakin Buas dengan Intel 12th Gen 

Spesifikasi merupakan jantung dari sebuah laptop dan juga hal yang paling pertama dilihat sebelum seseorang membeli laptop gaming. Tentunya terdapat beberapa alasan kenapa sebuah laptop gaming bisa laku dipasaran, mulai dari harga yang terjangkau, spesifikasi yang ditawarkan, dan juga fitur menarik yang disematkan dalam laptop tersebut.

TUF Gaming F15 (FX507Z) yang penulis ulas adalah varian tertinggi dan dibekali dengan spesifikasi prosesor Intel Core i7-12700H yang memiliki 14-core dan 20-thread dengan kecepatan standar 2,5GHz dan TurboBoost hingga 4,7GHz. Intel Core H-Series sendiri merupakan lini prosesor dari Intel yang ditujukan bagi laptop gaming yang membutukan performa terbaik untuk bermain game. Karena digunakan untuk bermain game, tentu daya yang dibutuhkan (TDP) sedikit lebih besar, yakni dimulai dari 45W atau lebih, tergantung dengan kebutuhan dan performa yang diinginkan.

Untuk kebutuhan grafis, laptop ini juga ditenagai oleh GPU Intel UHD Graphics Iris Xe 10 nm yang ditandemkan grafis diskrit NVIDIA GeForce RTX 3070 8 GB VRAM. GPU Intel UHD Graphics Iris Xe memiliki kecepatan 300 – 1400MHz. Hadirnya dua GPU ini sangat bisa memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari atau bermain game kelas berat sekalipun.  

Untuk menyandingkan CPU dan GPU tersebut, laptop gaming TUF Gaming F15 (FX507Z) juga turut didukung oleh memori RAM sebesar 16 GB jenis DDR5-4800MHz. Asyiknya, pengguna juga dapat menambah atau upgrade RAM laptop gaming ini hingga maksimal 32 GB.

Untuk sektor penyimpanan, TUF Gaming F15 (FX507Z) mengandalkan SSD (Solid State Drive) M.2 PCIe 3.0 x4 berkapasitas 1TB. Penggunaan media SSD ini menawarkan kecepatan transfer rate yang tinggi guna mendongkrak performa keseluruhan, serta hemat konsumsi daya.

Sistem Pendingin yang Lebih Baik

Karena spesifikasi yang diusung "cukup" buas, maka ASUS juga membenamkan sistem pendinginan yang lebih baik. Bagian cover bodi bawah TUF Gaming F15 (FX507Z) tidak lagi mengadopsi Honeycomb Pattern seperti generasi terdahulu, melainkan kini lubang-lubang ventilasi dibuat lebih minimalis dan meletakkan pada area sekitar heatsink saja. Walau begitu tetap memungkinkan aliran udara masuk lebih baik untuk keseluruhan sistem laptop ini. 

Selain itu, pada sistem pendinginnya juga telah menggunakan dua buah kipas yang memiliki 84 bilah yang diberi nama Arc Flow Fans dan diklaim ASUS mampu menghilangkan panas dari prosesor maupun GPU yang ada pada laptop gaming ini. ASUS juga telah membekali lima buah heatpipe yang membuat pendinginan menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan bilah kipas baru dan heatpipe yang lebih banyak, membuat suara kipas menjadi tidak terlalu bising ketika dalam Turbo Mode.

Dilengkapi MUX Switch

TUF Gaming F15 (FX507Z) telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming semakin baik, salah satunya adalah MUX Switch. Seluruh laptop gaming ROG dan TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop. Melalui MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan integrated chip grafis-nya.

MUX Switch sangat berguna saat laptop gaming dari ASUS ini bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, seperti halnya saat bermain game. Karena data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Peningkatan performa pada game dengan menggunakan MUX Switch dapat mencapai 10-30%.

Dukungan PC Game Pass

Asyiknya, ASUS juga memberikan dukungan PC Game Pass pada laptop TUF Gaming F15 (FX507Z). Membuat laptop ini sangat bisa diandalkan untuk memainkan sejumlah game berkualitas pada library layanan milik Microsoft tersebut. Sebagai laptop gaming, TUF Gaming F15 (FX507Z) memang sangat cocok disandingkan dengan layanan PC Game Pass. Sehingga pengguna laptop gaming ini tidak perlu lagi pusing membeli game dan mengeluarkan lebih banyak uang. Karena dengan berlangganan PC Game Pass, pengguna telah bisa memainkan lebih dari 100 game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. 

Fitur Pendukung

Sebagai sebuah laptop gaming yang sangat multifungsi, ASUS juga memberikan fitur Armoury Crate yang memungkinkan pengguna melakukan pemantauan statistik perangkat keras, kustomisasi fitur, dan didukung Profil Skenario. Pengguna juga bisa mengatur profil skenario penggunaan yang dapat menyesuaikan preferensi kinerja yang diinginkan sang pengguna. 

TUF Gaming F15 (FX507Z) juga dilengkapi dengan keyboard gaming dengan Aura RGB backlight serta teknologi overstroke. Teknologi overstroke ini memastikan tombol memiliki durabilitas tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Hal tersebut tentunya sejalan dengan nama TUF Gaming yang sangat dikenal dengan durabilitasnya.

Laptop gaming ini juga memiliki fitur two-way AI noise-canceling yang memanfaatkan teknologi machine learning untuk meredam noise atau suara yang tak diinginkan. Fitur tersebut dikombinasikan dengan ClearVoice Mic agar suara yang ditangkap kian jernih dan mengurangi noise. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat untuk meeting online melalui Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan sebagainya.

Konektivitas Lengkap

TUF Gaming F15 (FX507Z) memiliki konektivitas yang sangat lengkap sehingga sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari. Adapun konektivitas yang ada pada laptop ini di antaranya; WiFi 6 (802.11ax) 2x2, LAN RJ45, Bluetooth 5.2 Combo, Port Type-A USB 3.2 Gen 1, Port Type-C USB 3.2 Gen 2 (support DisplayPort 1.4 dan G-sync), Port Thunderbolt 4 (support DisplayPort 1.4), Port HDMI, dan port audio 3,5mm.

Audio Mantap

Tidak cuman spesifikasi yang gahar, bagi kamu penyuka audio, laptop gaming ini juga memiliki kualitas audio yang cukup baik. Di mana terdapat dua buah speaker stereo 2 x 2W dikombinasikan dengan teknologi Hi-Res Audio Certification dan Dolby Atmos untuk mengoptimalkan kemampuan speakernya, tak heran keluaran suaranya terbilang kencang. Juga disediakan aplikasi Dolby Access yang memungkinkan pengguna melakukan tuning audio.

Mengantungi Sertifikasi Standar Militer

Sebagai laptop gaming yang tangguh, TUF Gaming F15 (FX507Z) juga telah mengantungi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810H. Sertifikasi ketahanan tersebut membuktikan TUF Gaming F15 (FX507Z) telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji jatuh dan gertaran, uji temperatur, uji kelembapan, hingga uji radiasi sinar matahari.

Daya Tahan Baterai 

Untuk baterai, TUF Gaming F15 (FX507Z) mengusung baterai berkapasitas 4 Cells 4S1P 90 Whrs yang yang mampu bertahan hingga 9,4 jam web browsing atau 14,7 jam video HD playback. Asyiknya, laptop gaming ini juga telah mendukung fitur fast charge yang mampu mengisi baterai hingga 50% dalam 30 menit.

Performa Kencang

Kurang "afdol" rasanya bila penulis tidak menguji laptop gaming TUF Gaming F15 (FX507Z) dengan menggunakan aplikasi benchmark. Spesifikasi yang ditawarkan tentunya membuat penasaran sekencang apa performa yang ditawarkan. Namun harap dicatat bahwa skor dan kinerja dapat berubah saat platform matang dan driver yang lebih baru dirilis dan akan bervariasi tergantung pada konfigurasi yang kalian pilih. Nah berikut beberapa screenshots hasil benchmark yang telah penulis lakukan untuk laptop gaming tersebut: 

Daya Saat Idle

Daya Saat Main Game

Kesimpulan

Laptop gaming yang menggunakan prosesor kelas atas biasanya dibanderol dengan harga yang sangat menakjubkan. Tidak heran biasanya laptop gaming tersebut dibanderol dengan harga mencapai Rp30 jutaan ke atas. Melihat hal tersebut, ASUS membuat sebuah varian laptop dari ASUS TUF Gaming F15 (2022) FX507ZR-I737D6G-O (Jaeger Gray) yang menghadirkan prosesor Intel Core i7-12700H dan dipadukan dengan NVIDIA RTX 3070 8 GB GDDR6. Dengan spesifikasi tersebut, laptop gaming yang penulis ulas justru dibanderol dengan harga sekitar Rp28.000.000.

Tentunya laptop ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari sebuah laptop dengan spesifikasi tinggi tapi dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi laptop gaming ini juga menawari sejumlah kelebihan, seperti layar smooth refresh rate 300Hz, desain lebih fresh, fitur pendukung gaming yang lengkap, media penyimpanan SSD yang kencang dan memiliki kapasitas besar, serta sertifikasi standar militer MIL-STD-810H membuat laptop ini semakin menggoda untuk dimiliki.

Gimana, tertarik untuk memiliki laptop gaming dari ASUS ini? Nantikan informasi seputar game lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya.

Kamu juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, Free Fire, Call of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games! Untuk mendapatkan info-info khusus seputar giveaway, promo menarik, dan top up murah, jangan lupa untuk download apk Dunia Games di sini!

Baca Juga >> Menjajal Serunya Layanan PC Game Pass di ASUS ROG Flow Z13

Komentar ( 0 )

Please login to write a document.

Artikel Terkait

Lenovo Menggebrak dengan Laptop Layar Transparan Pertama di Dunia

Gadget | 28 February

Dibanding PMPL SEA, RRQ Mort Anggap Tim Rival di PMPL ID Lebih Menyulitkan

PUBG | 31 July

Review dan Cara Mendapatkan Dark Cupid Bundle di Point Blank!

Point Blank | 02 August

Hololive ID Gen 3 Reveal Kostum Baru, Kostum Khas Indonesia!

Berita | 16 August

GPT-4 Turbo, Evolusi Terbaru dari OpenAI untuk Pemrosesan Teks dan Gambar

Berita | 08 November

Dota 2 Heropedia: Snapfire, Si Nenek Penunggang Katak Naga

Games | 28 November

10 Superhero Sombong Terhadap Kekuatan yang Dimilikinya

Movie | 09 January

Daftar Harga dan Fasilitas yang Ada Di Point Arena Gaming House Jakarta!

Esport World | 11 March