Pembelian Cepat
6 min reading

[REVIEW] ASUS TUF Gaming FX506HM, Laptop Kencang dengan Intel i9-11900H

Dengan prosesor Intel i9 11th Gen H45 series dan RTX 3060, ASUS TUF Gaming FX506 jadi laptop paling buas dengan harga terjangkau untuk saat ini.

Gadget | 21 December

2021-12-20T18:20:46.000Z

ASUS bisa dibilang tidak segan-segan dalam menghadirkan sebuah laptop powerful dengan kekuatan yang besar dan juga spesifikasi yang tinggi dalam seri TUF Gaming yang sebentar lagi dapat dinikmati pada pasar Indonesia. Bisa dibilang, TUF Gaming terbaru sudah bisa menyaingi seri-seri ROG dan bisa mengimbangi laptop gaming brand lain yang sudah lebih dulu terjun di pasaran.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis diberikan kesempatan untuk mengulas seri ASUS TUF Gaming FX506HM I936B7G-O dengan Intel 11th Gen Tiger Lake-H45 i9-11900H dan RTX 3060 6 GB VRAM yang bisa dibilang wajib kalian ketahui sebelum membeli laptop keluaran terbaru dari ASUS. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Desain Lebih Futuristik

Jika kamu tahu bagaimana desain seri TUF Gaming sebelumnya, penulis jamin kamu akan kaget melihat TUF Gaming FX506HM. Laptop gaming ini hadir dengan bodi yang sedikit lebih ramping dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, garis desain bodi depannya juga berubah yang kini terlihat lebih minimalis dengan terdapat tulisan "TUF" yang menandakan bahwa ini merupakan lini laptop TUF yang dikenal tangguh. Walau begitu, TUF Gaming FX506HM tetap mencerminkan nuansa gaming dengan hadirnya tombol keyboard RGB dan layar telah mendukung refresh rate tinggi. 

Layar yang Memanjakan Mata

Pengalaman bermain game di TUF Gaming FX506HM juga semakin dimanjakan karena hadir dengan layar IPS Level dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel dan mendukung refresh rate 144Hz. Bahkan layarnya juga memiliki cakupan warna 45% NTSC yang cemerlang. Tak hanya itu, layar ASUS TUF Gaming F15 FX506HM I936B7G-O ini juga didukung teknologi ASUS Splendid dan ASUS Tru2Life Video untuk layar lebih cemerlang dan mendongkrak pengalaman multimedia dan bermain game. 

ASUS juga membenamkan fitur Eye Care pada TUF Gaming FX506HM agar mata tak lekas lelah menatap monitor. Layar laptop gaming ini telah mengusung NanoEdge atau bezel yang tipis yang membuat terlihat sangat kekinian. 

ASUS TUF Gaming FX506HM Tampil Gahar dengan Intel 11th Gen H45

Spesifikasi merupakan jantung dari sebuah laptop dan juga hal yang paling pertama dilihat sebelum seseorang membeli laptop gaming. Tentunya terdapat beberapa alasan kenapa sebuah laptop gaming bisa laku dipasaran, mulai dari harga yang terjangkau, spesifikasi yang ditawarkan, dan juga fitur menarik yang disematkan dalam laptop tersebut.

ASUS TUF Gaming FX506HM dibekali dengan spesifikasi prosesor Intel Core i9-11900H octa-core (16 thread) generasi Tiger Lake H45 atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 2,5GHz dan TurboBoost hingga 4,9GHz. Laptop gaming TUF Gaming F15 FX506HM juga turut didukung oleh memori RAM sebesar 16 GB jenis DDR4-3200MHz. Pengguna dapat menambah atau upgrade RAM laptop gaming ini hingga maksimal 32 GB.

Untuk kebutuhan grafis, laptop ini juga ditenagai oleh GPU Intel UHD Graphics Xe 750 (32 EUs) yang ditandemkan grafis diskrit NVIDIA GeForce RTX 3060 6 GB VRAM. GPU Intel UHD Graphics Xe 750 yang mengusung 32 execution unit (EUs) dengan kecepatan 350 – 1450MHz. Hadirnya dua GPU ini sangat bisa memenuhi kebutuhan penggunaan sehari-hari atau bermain game kelas berat. 

Untuk sektor penyimpanan, TUF Gaming FX506HM mengandalkan  SSD (Solid State Drive) M.2 PCIe 3.0 x4 berkapasitas 1TB. Penggunaan media SSD ini menawarkan kecepatan transfer rate yang tinggi guna mendongkrak performa keseluruhan, serta hemat konsumsi daya.

Sistem Pendingin yang Lebih Baik

Karena spesifikasi yang diusung "cukup" buas, maka ASUS juga membenamkan sistem pendinginan yang lebih baik dengan mengadopsi solusi pendinginan Honeycomb Pattern yang berada di bagian bodi bawah chasis-nya. Sehingga memungkinkan aliran udara masuk lebih baik untuk keseluruhan sistem laptop ini. 

Selain itu, pada sistem pendinginnya juga telah menggunakan dua buah kipas yang memiliki 83 bilah yang diklaim ASUS mampu menghilangkan panas dari prosesor maupun GPU yang ada pada TUF Gaming FX506HM. ASUS juga telah membekali dengan teknologi Self Cleaning 2.0 Cooling generasi baru. Teknologi tersebut mencegah debu dan partikel lainnya menyumbat sistem pendinginan yang dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kerusakan komponen.

Fitur Pendukung

Sebagai sebuah laptop gaming yang sangat multifungsi, ASUS juga memberikan fitur Armoury Crate yang memungkinkan pengguna melakukan pemantauan statistik perangkat keras, kustomisasi fitur, dan didukung Profil Skenario. Pengguna juga bisa mengatur profil skenario penggunaan yang dapat menyesuaikan preferensi kinerja yang diinginkan sang pengguna. 

TUF Gaming FX506HM  juga dilengkapi dengan keyboard gaming dengan Aura RGB backlight serta teknologi overstroke. Teknologi overstroke ini memastikan tombol memiliki durabilitas tinggi dan tahan hingga 20 juta kali tekan. Hal tersebut tentunya sejalan dengan nama TUF Gaming yang sangat dikenal dengan durabilitasnya.

Laptop gaming ini juga memiliki fitur two-way AI noise-canceling yang memanfaatkan teknologi machine learning untuk meredam noise atau suara yang tak diinginkan. Fitur tersebut dikombinasikan dengan ClearVoice Mic agar suara yang ditangkap kian jernih dan mengurangi noise. Tentunya fitur ini sangat bermanfaat untuk meeting online melalui Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dan sebagainya.

Konektivitas Lengkap

ASUS TUF Gaming FX506HM memiliki konektivitas yang sangat lengkap sehingga sangat membantu dalam penggunaan sehari-hari. Adapun konektivitas yang ada pada laptop ini di antaranya; WiFi 6 (802.11ax) 2x2, LAN, Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen1, Port Thunderbolt 4 (support DisplayPort), Port HDMI, dan port audio 3,5mm.

Baca Juga:

Audio Mantap

Tidak cuman spesifikasi yang gahar, bagi kamu penyuka audio, laptop gaming ini juga memiliki kualitas audio yang cukup baik. Di mana terdapat dua buah speaker stereo 2 x 2W dikombinasikan dengan teknologi Smart AMP technology, DTS: X Ultra, dan SonicMaster Audio untuk mengoptimalkan kemampuan speakernya, tak heran keluaran suaranya terbilang kencang. Juga disediakan aplikasi AudioWizard yang memungkinkan pengguna melakukan tuning audio.

Mengantungi Sertifikasi Standar Militer

Sebagai laptop gaming yang tangguh, ASUS TUF Gaming FX506HM juga telah mengantungi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810H. Sertifikasi ketahanan tersebut membuktikan TUF Gaming F15 FX506HM I936B7G-O telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji jatuh dan gertaran, uji temperatur, uji kelembapan, hingga uji radiasi sinar matahari.

Daya Tahan Baterai 

Untuk baterai, ASUS TUF Gaming FX506HM mengusung baterai berkapasitas 4 Cells 4S1P 90 Whrs yang yang mampu bertahan hingga 9,4 jam web browsing atau 14,7 jam video HD playback. Asyiknya, laptop gaming ini juga telah mendukung fitur fast charge yang mampu mengisi baterai hingga 50% dalam 30 menit.

Performa Kencang

Kurang "afdol" rasanya bila penulis tidak menguji laptop gaming TUF Gaming F15 FX506HM I936B7G-O dengan menggunakan aplikasi benchmark. Spesifikasi yang ditawarkan tentunya membuat penasaran sekencang apa performa yang ditawarkan. Namun harap dicatat bahwa skor dan kinerja dapat berubah saat platform matang dan driver yang lebih baru dirilis dan akan bervariasi tergantung pada konfigurasi yang kalian pilih. Nah berikut beberapa screenshots hasil benchmark yang telah penulis lakukan untuk laptop gaming tersebut: 

Kesimpulan 

Laptop gaming yang menggunakan prosesor kelas atas biasanya dibanderol dengan harga yang sangat menakjubkan. Tidak heran biasanya laptop gaming tersebut dibanderol dengan harga mencapai Rp30 jutaan ke atas. Melihat hal tersebut, ASUS membuat sebuah varian laptop dari ASUS TUF Gaming yang menghadirkan prosesor Intel Core i9-11900H dan dipadukan dengan NVIDIA RTX 3060 6 GB. Dengan spesifikasi tersebut, laptop gaming ASUS TUF Gaming F15 FX506HM I936B7G-O yang penulis ulas justru dibanderol dengan harga sekitar Rp24,999,000.

Tentunya laptop ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari sebuah laptop dengan spesifikasi tinggi tapi dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi laptop gaming ini juga menawari sejumlah kelebihan, seperti  layar smooth refresh rate 144Hz, desain lebih fresh, fitur pendukung gaming yang lengkap, media penyimpanan SSD yang kencang, dan standar militer MIL-STD-810H membuat laptop ini semakin menggoda untuk dimiliki.

Gimana, tertarik untuk memiliki laptop gaming dari ASUS ini? Nantikan informasi seputar teknologi lainnya dan jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya.

Kamu juga bisa beli voucher untuk Mobile Legends, Free FireCall of Duty Mobile dan banyak game lainnya dengan harga menarik hanya di Top-up Dunia Games!

Baca Juga >> [REVIEW] ASUS ROG Phone 5, HP Gaming yang Ditenagai Snapdragon 888

Gambar utama: DuniaGames

Komentar ( 0 )

Please login to write a document.

Artikel Terkait

Menurut Kyy, Faktor Ini yang Membuat Bigetron Alpha Siap Menang Kontra RRQ Hoshi

Berita | 26 March

BOOM Esports Juara 2023 PMPL ID Spring, Persija EVOS Berakhir di #7 Klasemen

Berita | 28 February

Berawal dari Mabar di Warkop, Tim AMP Ingin Bisa Lawan Tim Bossque Milik Baim Wong!

Berita | 12 October

Daftar 10 Game di Mana Kamu Tahu Bahwa Kamu Adalah Seorang Penjahatnya

Games | 26 April

Inilah 5 Geng Terkuat di Tokyo Revengers, Nggak Ada Tokyo Manji?!

Anime & Manga | 09 June

ASUS Mengumumkan Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX 3090 Ti

Gadget | 12 May

Kemampuan iPhone Jalankan Game Console dan PC Justru Kurang Memikat Gamer

Gadget | 01 July

Sinopsis Deepwater Horizon, Kisah Tumpahan Minyak Teluk Meksiko

Movie | 22 February