Ini Tugas Seorang Brand Ambassador Tim Esports, Simak Penjelasannya!
Bukan hanya hadir sebagai pemanis yang ada bagi sebuah tim esports, berikut ini arti, tugas, dan manfaat dari adanya brand ambassador bagi tim esports.
Esport World | 16 February
Oleh Tiza Putri
Apakah kalian sering menemui Brand Ambassador atau BA Esports? Kalian mungkin menyadari kini sebuah tim esports pasti memiliki seorang brand ambassador. Bukan sebagai pemain pro player, tapi BA Esports hadir sebagai wajah dari tim esports tersebut. Belakangan ini memiliki BA bagi tim esports menjadi sebuah strategi marketing tersendiri dalam sebuah usaha yakni dengan menggunakan brand ambassador untuk lebih memperkenalkan bisnisnya ke publik.
Namun sudahkah kalian paham dengan apa sebenarnya tugas seorang brand ambassador dalam tim esports? Kali ini Dunia Games akan membahas mengenai arti seorang brand ambassador serta tugas-tugas yang mereka lakukan. Simak informasinya berikut ini.
Arti Brand Ambassador Esports
Brand Ambassador atau BA adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah brand dan pemasaran suatu pemasaran. Biasanya seorang BA bukan berasal dari karyawan tetap yang ada di perusahaan tersebut. Biasanya suatu perusahaan akan mencari seorang brand ambassador yang terbaik untuk produk yang mereka miliki. Ketika mencari orang yang ingin dijadikan brand ambassador suatu produk, perusahaan pasti mencari mereka yang memiliki reputasi baik. Hal ini bertujuan agar produk yang ingin dipasarkan dapat dikenal semua orang dengan reputasi yang baik juga.
Orang-orang yang dijadikan BA biasanya adalah mereka yang memang sudah terkenal atau memiliki pengaruh di publik. Misalnya seorang selebgram atau artis yang memiliki followers di media sosial yang banyak. Selain itu, calon brand ambassador juga harus memiliki image yang bagus di kalangan publik. Sehingga seorang brand ambassador dapat memasarkan atau mempromosikan produk perusahaan ke publik.
Tugas Brand Ambassador Esports
Seorang brand ambassador dalam esports merupakan seseorang yang menjadi wajah perusahaan yang mereka jalani dan memiliki tujuan untuk mempromosikan perusahaan tersebut. Belakangan ini, dunia esports menjadi ranah yang paling banyak diminati oleh banyak orang dan memiliki daya tarik yang kuat untuk memperkenalkan tim esports mereka pada publik.
Peran brand ambassador dalam tim esports adalah untuk mewakili tim esports dalam berbagai kegiatan promosi dan kerjasama yang dilakukan perusahaan dengan sponsor. Oleh karena itu, pihak perusahaan memilih brand ambassador yang menarik dan komunikatif adalah salah satu persyaratan yang penting. Karena salah satu tugas BA esports adalah untuk mempromosikan dengan baik industri esports akan semakin dikenal publik. Nah berikut ini merupakan tugas-tugas yang dapat dilakukan seorang BA esports.
1. Mengadakan Promosi
Pertama kali terpilihnya seorang brand ambassador sebuah perusahaan, tugas utamanya adalah untuk mempromosikan produk atau perusahaan tersebut. Hampir semua tim yang ada di industri esports memiliki brand ambassador mereka masing-masing. Biasanya seorang brand ambassador yang dipilih pasti memiliki pengikut yang banyak di media sosial. Nah seorang brand ambassador ini bisa menggunakan media sosialnya untuk mengunggah konten yang dapat menarik bagi follower-nya.
Selain itu, seorang brand ambassador juga bisa menjadi model untuk produk-produk yang dikeluarkan oleh tim esports. Biasanya tim esports memiliki berbagai macam merchandise seperti jersey tim dan beberapa pernak-pernik andalan lainnya. Dengan menggunakan brand ambassador sebagai model dan wajah dari produk tersebut dapat lebih mempromosikan dan membuat produk terlihat lebih menarik di depan publik.
Baca Juga:
- 6 Brand Ambassador Tim Esport Indonesia yang Punya Skill Setara Pro Player!
- [DG Cheat] Menurut Angie Marcheria, Ini Hal yang Harus Dimiliki BA Tim Esports!
- 7 Bidadari ONIC Esports, Profil Para Brand Ambassador Cantik Tim Landak Kuning
2. Live Streaming
Selain itu, banyak juga brand ambassador yang melakukan live streaming langsung dengan pro player dari tim esports mereka dengan tujuan untuk meningkatkan brand name atau nama tim esports mereka. Dengan begini, perusahaan dapat memperkenalkan pemain mereka kepada publik secara langsung dan publik juga bisa melihat bagaimana skill yang dimiliki pemain tersebut ketika berkolaborasi dengan brand ambassador mereka. Dengan begini, tim esports yang diperkenalkan bisa lebih dikenal oleh khalayak publik.
3. Membuat Konten Promosi
Konten yang diunggah oleh BA esports ke akun Instagram tidak hanya berasal dari konten yang disediakan oleh perusahaan, tetapi seorang BA juga harus aktif membuat konten untuk mempromosikan tim esports mereka. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Vonny Felicia dalam DG Cheat, wanita cantik yang dikenal dengan nama ONIC Vonzy ini mengungkapkan jika seorang brand ambassador juga dapat membuat konten-konten promosi yang diperlukan di gaming house tim esports yang mereka wakilkan. Misalnya membuat konten TikTok atau media sosial lainnya yang bisa dijadikan media promosi bagi perusahaan.
Namun ketika dipilih menjadi brand ambassador, seorang BA tidak boleh mengunggah sembarangan konten karena adanya peraturan yang harus dipatuhi. Karena ada beberapa konten tertentu yang tidak memperbolehkan BA unggah sesuai dengan ketentuan yang ada dalam kontrak mereka.
4. Hadir ke Pertandingan Esports
Hal ini juga pernah diungkapkan oleh ONIC Vonzy, jika seorang BA Esports juga turut hadir meramaikan acara-acara atau pertandingan game yang dihadiri tim esports mereka. Kehadiran BA dalam turnamen esports ini adalah untuk memeriahkan acara dan menyemangati para pemain yang bertanding. Seorang brand ambassador juga biasanya akan mengunggah kegiatan mereka selama di acara tersebut untuk memberitahukan pada followers milik mereka, sehingga tim esports mendapatkan dukungan juga dari publik.
Manfaat Memiliki BA Bagi Tim Esports
Salah satu alasan yang paling utama sebuah tim esports memilih orang tertentu untuk dijadikan brand ambassador adalah karena reputasi yang dimiliki oleh orang-orang tersebut. Oleh karenanya dalam memilih orang-orang yang dijadikan BA tidaklah sembarangan. Karena harus sesuai dengan kriteria yang dipakai oleh perusahaan dan memiliki image yang baik di mata perusahaan.
Dengan begitu, perusahaan dapat mendapatkan manfaat yang bisa mereka dapatkan dari adanya brand ambassador, seperti meningkatkan brand ambassador, menjadi penyemangat untuk tim esports, memberikan image atau review yang baik bagi perusahaan, menjadi jembatan antara perusahaan dan penggemar, serta memberikan promosi secara verbal yang positif ke khalayak.
Nah itu dia arti, tugas, dan manfaat dari adanya brand ambassador bagi tim esports. Jika kalian ingin mendapatkan info-info menarik lainnya dari Dunia Games, kalian wajib mengikuti Facebook dan Instagram Dunia Games. Atau kalian juga bisa mengunduh aplikasi Dunia Games di Play Store! Dengan mengunduh aplikasi Dunia Games, kamu juga bisa dapat kesempatan top up voucher game lalu mendapatkan extra kuota hingga 3GB!
Baca Juga>>7 Brand Ambassador Tim Esports Terpopuler di Tahun 2021 Versi Dunia Games
Komentar ( 1 )
Please login to write a document.
Saputra77777
Managap
Balas