Bisa Laku Keras, Ternyata Ini 4 Strategi Pemasaran Avengers: Endgame
Apa yang menyebabkan Avengers: Endgame bisa laku keras? Ketahui strategi pemasarannya di sini yuk.
Berita | 12 June
Oleh Rizky Nurcahyanto
Film Avengers: Endgame telah memasuki minggu ketiga sejak rilis. Pada kurun waktu tersebut, film garapan duo sutradara Joe dan Anthony Russo ini telah memecahkan berbagai rekor, dan bahkan berhasil 'menenggelamkan' Titanic ke peringkat 3 daftar film tersukses sepanjang masa.
Masih ada waktu untuk Avengers: Endgame untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya, setidaknya untuk beberapa minggu lagi. Di mana kemungkinan film penutup Infinity Saga ini kemungkinan akan meraih mahkota film tersukses dari Avatar (2009). Nah, pasti kalian bertanya-tanya apa yang membuat Endgame begitu sukses secara komersial melebihi film-film Marvel Cinematic Universe lainnya? Yuk simak pembahasannya berikut ini gaes.
5. Efek Avengers: Infinity War
Marvel Studios sangat paham betul dengan rasa penasaran penggemar Marvel yang sangat besar. Sehingga mereka sengaja membuat akhir film Avengers: Infinity War menjadi menggantung. Penonton pasti menunggu-nunggu kelanjutan cerita yang akan terjadi. Tidak hanya bagi para penggemar berat Marvel (yang juga sudah memiliki jumlah besar), namun juga para casual moviegoers yang sudah menonton Infinity War.
Pasca Infinity War, bermacam-macam teori bertebaran di dunia maya. Beberapa teori ada yang hampir sama dan meleset sama sekali. Salah satunya adanya faktor time travel yang akan menjadi penentu kemenangan para Avengers. Bahkan kepergian salah satu Avengers yang mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan alam semesta.
4. Judul dan Trailer yang Memikat
Siapa yang sangka kata terakhir yang diucapkan oleh Doctor Strange dalam Infinity War bisa menjadi judul film Avengers berikutnya. Sebelumnya, Endgame hanya disebut sebagai Avengers 4 hingga Marvel Studios resmi mengumumkannya bersamaan dengan rilisnya trailer pertama. Artinya, fans baru mengetahui judul film ini hanya beberapa bulan sebelum rilis.
Menggunakan judul Endgame tentu menggambarkan kalau film tersebut akan menjadi ajang penghabisan bagi para Avengers untuk mengalahkan Thanos. Apa lagi pada trailer yang dirilis terdapat adegan yang mengundang perhatian namun menyembunyikan scene yang sebenarnya. Cukup banyak untuk menarik rasa penasaran penonton, namun cukup sedikit untuk menunjukkan apa yang sebenarnya akan terjadi.
3. Momen yang Tepat
Film Avengers: Endgame menjadi salah satu film yang paling ditunggu di bulan April lalu. Jika di awal bulan para moviegoers dengan kemunculan film Hellboy dan Pet Sematary, maka Avengers: Endgame menjadi film penutup bulan April. Selain itu, Avengers: Endgame menjadi satu-satunya film superhero yang ada di bulan April.
Sehingga tidak hanya dinantikan oleh penggemar komik Marvel, namun juga oleh penggemar film Marvel Cinematic Universe dan moviegoers. Terlebih Avengers: Endgame akan menutup sebuah saga panjang Marvel Cinematic Universe yang terbagi menjadi 3 fase dalam 22 film.
2. Kampanye Jangan Bocorkan Endgame
Tidak bisa dipungkiri, viralnya hashtag #DontSpoilTheEndgame tentunya memancing rasa penasaran penonton lebih banyak. Seolah-olah akan ada twist atau sesuatu yang sangat besar terjadi dalam film nanti.
Kampanye ini akhirnya resmi ditutup tepat 2 minggu setelah Endgame rilis. Ternyata, berakhirnya #DontSpoilTheEndgame juga karena Marvel berencana untuk melanjutkan strategi marketing-nya.
1. Penentu Masa Depan MCU Selanjutnya
Marvel Studios sangat cerdas dalam meramu film Avengers: Endgame. Tidak hanya berisikan tentang menjawab rasa penasaran penggemar Marvel terhadap apa yang terjadi dengan para Avengers, film ini juga masih memberikan rasa penasaran dengan masa depan MCU berikutnya.
Bahkan setelah Endgame telah ditayangkan di biokop, Marvel Studios masih membagikan cuplikan trailer singkat yang dirilis setelah tanggal 10 Mei kemarin. Di mana trailer tersebut menampilkan momen-momen berisi spoiler besar yang tentu bisa menjadi masa depan MCU berikutnya.
Nah itu dia beberapa strategi pemasaran dari Avengers: Endgame yang membuatnya sukses. Ikuti terus DuniaGames.co.id untuk informasi menarik seputar film lainnya ya.
Sumber gambar utama: DuniaGames
FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games
Komentar ( 0 )
Please login to write a document.