Dibalik Odin Cup ROO, Melihat Potensi Game MMO Masuk Pasar Esport Asia Tenggara
Pada event Odin Cup ROO ada hal yang menarik mengenai potensi game MMO yang masuk pada pasar esports Asia Tenggara.
Berita | 16 September
Oleh Rizky Nurcahyanto
Pada SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2019 lalu, esport sudah ditetapkan sebagai cabang olahraga resmi. Satu tahun sebelumnya, pada Asian Games Jakarta 2018, integrasi awal esport dengan cabang olahraga tingkat atas sudah mulai mengakarkan konsep dan pengaruh esport di hati banyak masyarakat awam, khususnya para penonton Asia Tenggara yang telah berturut-turut menjadi penyelenggara pesta olahraga ini.
Saat ini, pasar esport Asia Tenggara, dengan mengandalkan atmosfer esport yang semakin matang dan jumlah pengguna esport yang besar, telah menjadi suara terkuat di luar pasar Asia Timur.
Namun setelah pengembangan selama bertahun-tahun, masih ada isu inti mengenai game esport dan konten tunggal di pasar negara-negara yang tengah berkembang ini.
Bagaimana cara mendobrak situasi yang sebelumnya hanya mengandalkan game FPS atau MOBA sebagai "pemain dominan" dan menghadirkan pengalaman gaming esport yang lebih varian kepada para pemain di setiap daerah telah menjadi alasan penting untuk melakukan "ekspansi" di Asia Tenggara, termasuk event-event seperti Odin Cup ROO yang akan datang.
Ekosistem Esport khas Asia Tenggara
Diferensiasi yang terlihat jelas merupakan salah satu ciri khas yang dihadirkan dalam proses perkembangan industri esport global. Dibandingkan dengan kompetisi yang matang dan struktur industri yang berkembang di Asia Timur, Amerika Utara, dan Eropa Barat, pasar esport di Asia Tenggara dimulai terlambat tapi tengah berkembang dengan pesat, dan telah menjadi "dataran baru" bagi pesatnya perkembangan dan pertumbuhan industri esport global.
Meskipun memiliki ruang dan potensi pertumbuhan yang besar, pasar Asia Tenggara, yang lebih fokus pada game mobile dan esport game mobile, memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan dengan wilayah lain di dunia.
Pada tahun 2021, laporan pasar game global yang dirilis oleh Newzoo menunjukkan bahwa dengan adanya 142 juta pemain game mobile di Asia Tenggara, jumlah penggemar esport telah meningkat menjadi 35 juta, naik dari sebelumnya yang berjumlah 19,8 juta.
Pada saat yang sama, dengan pesatnya pertumbuhan ekosistem esport, jumlah penonton esport juga telah melampaui 50 juta penonton.
Pada tahun 2023, menurut data yang dirilis oleh Sensor Tower, volume pengunduhan game mobile pada Q1 di pasar Asia Tenggara telah menembus 2,1 miliar pengunduhan, menyumbang hampir 15% dari volume pengunduhan game mobile global.
Dari sini terlihat bahwa meskipun kecepatan dan skala perkembangan pasar esport di negara-negara Asia Tenggara berbeda-beda, para pemain di Asia Tenggara dapat dikatakan mempertahankan konsistensi yang luar biasa dalam preferensi mereka terhadap game mobile dan esport game mobile.
Justru karena pasar esport di Asia Tenggara memiliki basis populasi yang sangat besar dan menjanjikan, serta lebih fokus dan menyukai industri-industri baru seperti esport game Mobile, kawasan yang tengah menjadi pusat perhatian ini dapat menonjol dari pasar esport global dan menjadi dataran baru esport yang paling populer dan menjanjikan di luar pasar Asia Timur.
Dari Sebuah Genre yang Berkembang Hingga Menjadi Keberagaman yang Berkembang
Sepanjang sejarah perkembangan beberapa tahun terakhir, game esport paling berpengaruh dan matang di Asia Tenggara sebagian besar terkonsentrasi di genre MOBA atau game kompetitif yang bersifat taktis.
Sebenarnya permasalahan ini tidak hanya ada di Asia Tenggara saja, tapi juga di pasar esport di Asia Timur atau Tiongkok. Namun justru karena keterbatasan tersebut, semakin banyak developer berbagai jenis game berupaya memperluas jangkauan dan cakupan esport dengan mengadakan event-event esport, sehingga para pemain yang menyukai berbagai game memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam event-event esport.
Hal ini terlihat dari perubahan pasar esport Tiongkok. Pada bulan Agustus 2023, game mobile MMO klasik " Fantasy Westward Journey " menyambut babak playoff dan final dari Liga Puncak ke-8 di Suzhou; Di sisi lain, " Justice Online" yang disebut sebagai penyelenggara esport MMO terbesar di Tiongkok, juga telah memberikan bonus bernilai miliaran rupiah sebagai upaya untuk melengkapi puzzle dalam puzzle perkembangan esports di masa depan.
Bisa dikatakan, mulai dari pembuatan kompetisi hingga partisipasi pemain, esport MMO sudah memiliki contoh dan pengalaman yang matang untuk dieksplorasi dan dijadikan referensi.
Berkat preseden yang sukses, kawasan Asia Tenggara memiliki rancangan ide yang jelas mengenai kebutuhan pada kategori esport. Contoh, "Ragnarok Online", yang telah lama mendominasi pasar game MMO di Asia Tenggara, dan sekuel resminya "Ragnarok Origin", yang baru saja diluncurkan pada bulan April tahun ini, telah memanfaatkan peluang pasar ini dan menyelenggarakan kompetisi esport tingkat atas Odin Cup (selanjutnya disebut Odin Cup ROO), sebagai upaya untuk membuka masa depan yang baru bagi industri esport MMO di Asia Tenggara.
Titik awal, Pelopor, Pemimpin
Pada bulan April 2023, sekuel resmi “Ragnarok Online”, “Ragnarok Origin,” diluncurkan di pasar game mobile Asia Tenggara. Game ini memiliki rekor lebih dari 5 juta unduh pada awal peluncurannya. Setelah resmi dirilis, game ini sempat menduduki puncak daftar game terlaris di App Store lima negara, yaitu Thailand, Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Singapura, menandakan tingginya popularitas pada game ini.
Setelah memiliki basis pengguna dan pengaruh seperti itu, tidak sulit untuk memahami mengapa “Ragnarok Origin” menyelenggarakan Odin Cup ROO. Odin Cup ROO, sebagai ajang kelas berat yang diselenggarakan oleh Ragnarok Origin di Asia Tenggara pada tahun ini, juga merupakan ajang esports tingkat atas kategori MMO pertama di Asia Tenggara. Yang terfokus pada liga guild lintas server dalam game, dan memilih guild terkuat dalam game melalui pertarungan grup antar guild.
Odin Cup ROO akan mengadopsi pertarungan tim berskala super besar untuk menghadirkan proses kompetisi yang sengit dan spektakuler, akan sepenuhnya menguji pertimbangan komprehensif guild teratas dari berbagai perspektif seperti medan perang, pertarungan, dan kombinasi job anggota yang berpartisipasi.
Setiap pemain atau penonton dalam acara tersebut juga akan menikmati sepenuhnya keseruan unik yang dihadirkan game esport MMO dalam acara esport berskala besar ini. Ekspresivitas yang lebih beragam juga akan menjadi highlight terbesar dari Odin Cup ROO yang akan membedakannya dari esport tingkat atas lainnya.
Karena kombinasi kompetisi online dan offline, serta teknologi terkait yang terkini dan mutakhir, ROO Odin Cup akan menciptakan ruang penyiaran virtual untuk event tersebut, menyediakan "platform observasi" virtual dan nyata bagi pemain yang berpartisipasi dalam kompetisi online atau bagi yang tidak dapat menghadiri lokasi kejadian secara langsung melalui tampilan panorama. Dengan cara ini, diharapkan para pemain yang menikmati esport dapat merasakan suasana observasi yang mendala, lebih dapat menghadirkan pesona unik dan kejutan MMO esport yang dibawa oleh pertarungan tim berskala besar.
Pada final yang digelar akhir Oktober mendatang, Odin Cup ROO akan bertanding ke Bangkok, Thailand dengan seluruh tim yang lolos ke babak final. Untuk menyajikan persaingan final yang ketat dengan lebih sempurna, panitia penyelenggara juga akan menciptakan tempat kompetisi mewah yang sangat membawa suasana dalam esport, memberikan pengalaman kompetisi tingkat atas yang lebih ekstrim dari berbagai aspek seperti pengamatan aktual dan pengalaman audio-visual kepada ribuan penggemar dan peserta esport.
Bisa dikatakan Odin Cup ROO menghadirkan pesta tingkat tertinggi bagi para pemain di Asia Tenggara dan bahkan seluruh kawasan Asia yang memperhatikan event ini di berbagai tingkatan seperti mekanisme acara, produksi acara, dan suasana acara. Hanya dari penghargaan yang diumumkan secara resmi seperti piala kehormatan, cincin kejuaraan, dan hadiah terbatas seperti skin eksklusif untuk para juara, yang telah disiapkan menunjukkan ketulusan penuh dari tim penyelenggara dan kepercayaan diri untuk membina pengembangan bidang esport secara mendalam.
Game MMO, Titik Awal Baru Bagi Ekosistem Esport Asia Tenggara
Dapat dikatakan bahwa terlepas dari skala acara, metode presentasi, jumlah peserta, dan pengaruh sebenarnya, dengan tingginya popularitas dan potensi pengembangan "Ragnarok Origin" di Asia Tenggara, Odin Cup ROO kemungkinan besar akan memberikan gebrakan dalam eksplorasi ekologi Esport Asia Tenggara di bidang MMO. Selain itu, aktualitas, pengaruh pasar, dan banyaknya pengguna VIP dan kelas atas "Ragnarok Origin" sendiri juga akan membawa nilai komersial pada Odin Cup ROO yang tidak dapat dibandingkan dengan brand Esport lainnya.
Lebih penting lagi, sebagai layaknya seorang pelopor, Odin Cup ROO juga telah menjalin kerja sama komersial dengan brand besar seperti Huawei AppGallery dan Razer Inc., dan berupaya dengan menggunakan kemampuannya sendiri, memberikan potensi arah pengembangan yang baru dan memberikan lebih banyak peluang bagi pasar Esport Asia Tenggara.
Bergabung ke dalam ekosistem Esport Asia Tenggara dengan sikap yang baru, Odin Cup ROO tidak hanya akan memberikan kesempatan dan panggung untuk unjuk diri kepada para pemain yang menyukai game "Ragnarok Origin", tapi juga menjadikan konsep MMO esport untuk dapat mengakar kuat di hati masyarakat, dan juga secara komprehensif membantu esport di Asia Tenggara agar menjadi lebih hidup dan menarik.
Silakan unduh game ROO untuk informasi resmi lebih lanjut tentang Odin Cup atau masuk ke situs resmi Odin Cup dan komunitas media sosial resmi untuk mengetahui informasi terkini mengenai ROO.
- Situs resmi Odin Cup: https://bit.ly/45Bdxnk
- Unduh Game: https://bit.ly/45sOB1b
- Unduh versi PC: https://bit.ly/3QXNwKC
- Discord: https://discord.gg/rooglobal
Top-up Murah, banyak untungnya, hanya di Dunia Games
Baca Juga >> 10 Game Rilis September 2023 yang Wajib Kamu Koleksi, Ada Mortal Kombat 1!
Komentar ( 0 )
Please login to write a document.